PBI Jadi Tempat Transit Ikan Petani

0
60
Kepala Bidang Perikanan, A. Mamonto, (foto: Totabuan.News/ Neno Karlina)

TOTABUAN.NEWS, KOTAMOBAGU – Pasar Benih Ikan (PBI) milik Dinas Pertanian Peternakan dan Perikanan (Dispertanak) tak hanya menjadi tempat pusat jual beli bibit pemerintah. Hal ini dikatakan oleh Kepala Bidang Perikanan, A. Mamonto kepada TOTABUAN.NEWS, saat menghadiri sosialisasi di Rumah Dinas (Rudis) Walikota, Selasa (06/11/2018). “Iya itu jadi pusat pembibitan dan jual beliĀ  ikan. Namun, itu tidak terbatas hanya untuk bibit dari Pemkot saja, melainkan juga bibit dari petani sekitar,” katanya.

Menurutnya, ikan yang dijual petani bisa singgah atau transit di PBI, untuk kemudian dijual. “Biasanya pihak pembeli memesan dalam jumlah banyak. Nah, di sinilah pihak PBI, akan berkoordinasi dengan petani sekitar, jika sekira ada yang hendak menjual benih, bahkan sekali pun itu ikan konsumsi,” jelasnya.

Dikatakannya, ini bagian dari bentuk perhatian pemerintah membantu petani dalam memasarkan ikan. “Ini bagus. Semacam simbiosis mutualisme, ada saling koordinasi. Sehingga bisa menunjang pasaran dan perekambangan ekonomi masyarakat juga,” pungkasnya.

Neno Karlina

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.