Pemdes Pontodon Gelar Pelatihan Dan Sosialisasi Lembaga Adat

0
57
sosialisasi di balai Desa Pontodon

TNews, KOTAMOBAGU – Pemerintah Desa (PemDes) Pontodon menggelar Pelatihan dan sosialisasi lembaga adat di balai Desa Pontodon Jumat (25/10/2019).

Hadir dalam pelatihan Budayawan Bolaang Mongondow Raya (BMR) Chairun Mokoginta selaku pemateri, Pj Sangadi Pontodon Ariono Potabuga, Sekretaris Desa Lidyawaty Djufri, seluruh perangkat desa dan lembaga adat.

Menurut Chairun Mokoginta tema yang di ambil dalam sosialisasi tersebut, yakni prosesi adat perkawinan Bolmong. Sebab, jika diambil secara umum maka waktu tidak akan cukup hanya dalam beberapa jam materi saja.

“Penjelasan tadi masih seputaran definisi adat istiadat, hingga proses awal dikatakan adat yang berawal dari leluhur kita terdahulu,”kata Chairun saat diwawancarai.

Lanjutnya, untuk adat perkawinan sendiri, masing-masing desa kelurahan memiliki proses yang berbeda. Bahkan dalam pakaian adat saja dari Passi dan Lolayan tidak sama. Makanya perlu di luruskan kembali sejarah adat terdahulu.

“Misalnya dalam prosesi adat perkawinan untuk mengantar keluarga laki-laki untuk melamar. Nah, prosesnya itu tidak sama disetiap desa. Sehingga, dalam sosialisasi ini dijelaskan tata cara adat jaman dahulu seperti apa, agar lembaga adat bisa seragam dalam setiap prosesnya,”ungkapnya.

Dia menambahkan, dirinya saat ini sedang membuat buku Prosesi adat perkawinan Bolmong. Agar tujuannya bisa memberikan pahaman sejarah adat yang berdasarkan ajaran leluhur terdahulu.

“Kalau buku Prosesi adat perkawinan ini sudah diterbitkan. Semoga nanti bisa dibahas bersama dengan seluruh lembaga adat secara keseluruhan. Agar persamaan persepsi tentang adat leluhur dan proses-proses nanti dalam lembaga adat akan seirama,” tandasnya.

 

(Zakir)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.