Pemdes Pontodon Gelar Pelatihan Retorika

0
95
Pelatihan Retorika Dibalai Desa Pontodon Kamis (26/12/2019).

TNews, Kotamobagu – Pemerintah Desa (Pemdes) Pontodon menggelar Pelatihan Retorika Dibalai Desa Kamis (26/12/2019).

Hadir dalam pelatihan tersebut, Pj Sangadi Pontodon Ariono Potabuga, Sekretaris Desa (Sekdes) Lidyawati Djufri, Pemateri Pelatihan Olland Modjo, dan seluruh perangkat desa Pontodon.

Menurut Pemateri Pelatihan Retorika Olland Modjo, seluruh perangkat desa harus mengetahui bagaimana menjadi protokoler, MC, dan pembawa acara. “Protokoler maupun MC itu berbeda karena masing-masing punya tupoksi berbeda. Sehingga dalam pelatihan ini dijelaskan semua tugas dan fungsinya,”kata Olland.

Lanjutnya, apalagi dalam penyambutan kepala pemerintahan, maka wajib diketahui prosedurnya. “Perangkat Desa harus tahu menempatkan sikap, tata bahasa, hingga kondisi jika menjemput tamu kepala pemerintahan entah walikota atau Sangadi maupun camat,”ungkapnya.

Pj Sangadi Pontodon Ariono Potabuga berharap dengan pelatihan retorika tersebut, bisa memberikan pengetahuan lebih kepada Perangkat Desa dalam berbicara di depan Publik. “Perangkat Desa harus siap dan berani berbicara di publik, apalagi jika diperhadapkan dengan berbagai macam hajat masyarakat. Sehingga, dalam pelatihan tersebut diharapkan bisa membuka mental dan mampu berbicara di depan masyarakat desa nantinya,”tambahnya.

 

Zakir Mokoginta

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.