Pemkot akan Gagas Program Bapak Asuh

0
14
Kabid Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Fahmi Iman

IKNews, KOTAMOBAGU – Berbagai program bakal dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) guna mencapai target Nol Miskin Ekstrem di wilayahnya pada tahun 2023 ini.

Kepala Bappelitbangda Kotamobagu melalui Kabid Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Fahmi Iman mengungkapkan, selain intervensi program lewat dana desa dan padat karya, untuk mengatasi masalah kemiskinan ini, Pemkot Kotamobagu juga berencana menggagas program Bapak Asuh.

“Jadi program bapak asuh ini adalah orang-orang atau sekelompok masyarakat yang bisa membantu seseorang untuk keluar dari miskin ekstrim,” ungkap Fahmi, Kamis 26 Januari 2023.

Menurut Fahmi, program pengentasan kemiskinan di daerah tersebut sejalan dengan target pemerintah pusat. Dimana, pemerintah menargetkan kemiskinan nol persen pada tahun 2024.

Saat ini tambahnya, verifikasi data kemiskinan ekstrem tengah dilakukan di 33 desa dan kelurahan se Kota Kotamobagu. “Tujuannya untuk memastikan masyarakat yang masuk dalam kategori miskin ekstrem,” pungkasnya.

Sementara itu, dilansir dari setkab.go.id, Presiden Joko Widodo mengatakan, data terkait kemiskinan ekstrem sudah ada dan jelas hingga berdasarkan nama dan alamat atau by name, by address.

Untuk itu lanjutnya, berbagai program penghapusan kemiskinan ekstrem dapat diarahkan kepada sasaran yang tepat. “Ini sasarannya ada kok, jelas nama dan alamat, bansos ke sana arahkan, terhadap perbaikan rumah-rumah kumuh arahkan juga ke sana,” tegas Joko Widodo kepada seluruh jajaran kementerian dan lembaga. (**)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.