Pemkot Antisipasi Penularan Flu Burung ke Manusia

0
123
Pemkot Antisipasi Penularan Flu Burung ke Manusia
TOTABUANEWS, KOTAMOBAGU – Mengantisipasi penyebaran virus flu burung yang saat ini mulai mewabah dan menyerang ratusan unggas di Kotamobagu, Walikota Tatong Bara, meminta Dinas Kesehatan (Dinkes) untuk terus memantau akibat dari virus tersebut, agar tak tertular ke manusia.
“Dinas kesehatan harus bergerak cepat memantau akibatnya, kemudian mendeteksi virus yang sudah menyerang ratusan unggas. Jangan sampai virus ini menular ke manusia,” tegas Tatong, kemarin.
Sekretaris Dinas Kesehatan, Ahmad Yani Umar mengungkapkan, pihaknya bersama Dinas Pertanian Peternakan Perikanan Perkebunan dan Kehutanan (DP4K) sudah turun lapangan menyosialisasikan ke masyarakat soal bahaya virus flu burung. “Penularan flu burung bisa melalui kontak langsung dengan unggas, kotoran unggas serta cairan yang keluar dari hidung unggas. Itu harus diantisipasi,” ujarnya.
Gejala-gejala terserang flu burung adalah demam/panas tinggi, sakit tenggorokan, batuk, pilek, sakit kepala dan sesak nafas. “Jika merasakan gejala-gejala itu segera menghubungi tempat pelayanan kesehatan terdekat,” terangnya.
Peliput : RMM

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.