Pemkot Dukung Pembentukan PT Jamkrida Provinsi Sulut

0
37
Kekurangan Anggaran Rp136 Miliar Terjawab
Tahlis Gallang
TOTABUANEWS, KOTAMOBAGU – Pemerintah Kota (Pemkot) siap menyertakan modal awal untuk operasional PT Jaminan Kredit Daerah (Jamkrida) Provinsi Sulut. Hal ini disampaikan Sekretaris Kota (Sekkot), Tahlis Galang.
Menurutnya, dana penyertaan modal pada PT Jamkrida akan dialokasikan dalam Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Perubahan 2017 atau pada APBD 2018. “Dana awalnya dua puluh lima miliar. Lima puluh persen dari itu ditanggung provinsi dan sisanya dari 15 kabupaten dan kota di Sulut,” ujarnya, kemarin.
Diterangkannya, Jamkrida merupakan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang bergerak di bidang usaha pinjaman kredit. Kehadiran Jamkrida di Sulut katanya bisa menjadi salah satu infrastruktur perekonomian dalam rangka membantu permodalan Usaha Kecil Mikro Menengah (UMKM) ke pihak perbankan. “Ini akan sangat membantu UMKM. Jamkrindo bisa mengeluarkan rekomendasi ke bank tanpa ada jaminan. Pemkot sangat mendukung, karena bisa meningkatkan perekonomian melalui ntervensi terhadap penyertaan modal bagi UMKM,” terangnya.
Ditambahkannya, dirinya bersama perwakilan masing-masing kabupaten dan kota di Sulut baru saja mengikuti forum group discussions (FGD) perusahaan penjamin kredit daerah, di Kota Bitung. Kegiatan itu digagas Otoritas Jasa Keuangan (OJK). “Semua daerah menyatakan siap dan sangat mendukung pembentukan PT Jamkrida,” tambahnya.
Peliput : RMM

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.