Pemkot Kotamobagu Gelar Rapat Perdana Persiapan Monev Literasi dan Numerasi SD – SMP

0
53

TNews, KOTAMOBAGU – Pemerintah Kotamobagu (Pemkot) melalui Dinas Pendidikan (Dikdis) menggelar rapat perdana tim terkait persiapan Monev pelaksanaan Literasi dan Numerasi Sekolah SD – SMP di wilayah Kotamobagu, Kamis (1/12/22).

Dalam rapat tersebut, di buka langsung Kadis Dikdis yang di wakili Sekertaris Dikdis Kotamobagu Kusnadi Pobela SE Spd Mpd dan turut di hadiri jajaran Dikdis Kotamobagu, kepala sekolah, Pustakwan, Budayan, Guru, Media, komite sekolah dan Peggiat Literasi.

Kepala Dikdis melalui Sekertaris Dikdis Kotamobagu Kusnadi Pobela SE Spd Mpd menjelaskan, terkait penyelenggaraan kegiatan ini bagaimana upaya Dinas Pendidikan dapat mengumpulkan para penggiat Literasi antara lain, Dinas pendidikan, sastrawan, pengawas sekolah di Dikdis, dan penggiat Literasi untuk menyatukan persepsi dalam rangka meningkatkan minat baca dalam hal Literasi dan Numerasi yang berada di kota Kotamobagu.

“Alhamdulillah para undangan semua hadir, dan semuanya sudah menyampaikan harapan-harapan dalam pembentukan tim ini,”ujarnya.

Pobela mengatakan, tim akan mulai bekerja berdasarkan format yang akan di siapkan oleh Dinas Pendidikan oleh LPMP dan Balai Guru Penggerak Komisi Sulut, jadi ada instrumen yang akan di isi oleh tim dan akan di verifikasi pada saat di lapangan.

“Misalnya di SDN 1 Kotamobagu, nantinya tim akan melihat sejauh mana kesiapan SDN 1 Kotamobagu dalam menyiapkan sarana literasi, karena tentunya anak didik kita atau masyarakat akan mampu memberikan warna Literasi ini apabila tersedia sarananya antaralain, perpustakaan dan Buku baik atau tidak, pengelolan perpustakaan ada atau tidak,”terangnya.

Lanjutnya, sehingga hal ini yang akan di nilai oleh tim pada saat akan turun ke sekolah SD dan SMP, dan tim akan melakukan verifikasi di lapangan untuk 70 SD dan 15 SMP yang berada di wilayah Kotamobagu.

“Harapan Pemkot Kotamobagu melalui Dikdis dengan adanya tim ini menjadikan kolaborasi yang Representatif yang ada di Dikdis Kotamobagu, karena tim ini akan turut membantu dalam rangka meningkatkan capaian asesmen nasional terutama di bidang Literasi dan Numerasi serta kita ketahui bersama bahwa di tahun 2021 hasil asesmen masih jauh dari harapan dan semoga di tahun 2022 peningkatan lebih baik lagi,”ungkapnya. (**)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.