Pemkot Launching KIA

0
22
Pemkot Launching KIA

TOTABUANEWS, KOTAMOBAGU – Pemerintah Kota (Pemkot) melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kotamobagu, meluncurkan penertiban Kartu Identitas Anak (KIA). Hal ini dilakukan, guna menindaklanjuti tugas negara dalam memberikan identitas kepada seluruh penduduknya, termasuk anak-anak.

“Pemerintah terus berupaya untuk melalkukan pemenuhan hak bagi setiap warga Negara, termasuk anak,” kata Wali Kota Kotamobagu, Ir Hj Tatong Bara usai Launching KIA di Rumah Dinasnya, Kamis (27/04/2017).

Mennurutnya, hal ini juga sesuai dengan ketentuan Pasal 53 Undang-Undang Nomor 39 Tahun 1999 tentang Hak Asasi Manusia dan Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak, Pemkot sendiri terus meningkatkan berbagai upaya dalam mewujudkan salah satu program, menuju Kota Layak Anak. “Pemerintah juga akan terus berupaya agar Anak di Kotamobagu, terpenuhi haknya untuk mendapat indentitas,” katanya.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kotamobagu, Virgina Olii mengungkapkan, Kota Kotamobagu merupakan daerah ke dua di Sulawesi Utara (Sulut)Launching KIA  setelah Kota Tomohon. “Kota Kotamobagu daerah ke dua di Sulut setelah Kota Tomohon. Untuk tahap pertama ini baru 143 KIA yang diberikan kepada perwakilan anak yang diundang dari perwakilan sekolah,” jelasnya.

Ia menjelaskan, KIA ini fungsinya sama dengan e-KTP dan dibuat pada anak yang sudah memiliki akte kelahiran. Dimana  manfaat memiliki KIA pada anak selain sebagai bentuk pemenuhan hak anak, juga sebagai persyaratan mendaftar sekolah. “Selain itu untuk keperluan lain yang membutuhkan bukti diri pribadi anak. Contohnya untuk data identitas membuka tabungan atau menabung di Bank. “Sebetulnya banyak manfaat,”ujarnya.

Sekadar diketahui, untuk mendapat KIA, memiliki akta kelahiran, melampirkan KTP orang tua, Kartu Keluarga (KK) dan melampirkan foto ukuran 2×3. Dan KIA ini ditujukan hanya pada anak yang berdomisili di Kota Kotamobagu, usia 0-7 Tahun.

Tim Totabuanews

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.