Pemkot Periksa Hewan Kurban

0
37
Kesehatan Hewan Diperiksa

TOTABUAN.NEWS, KOTAMOBAGU – Jelang perayaan Idul Adha atau Hari Raya Kurban bagi umat muslim, pada Agustus mendatang, Dinas Perikanan, Pertanian dan Peternakan (Dispertanak) Kota Kotamobagu kembali melakukan pemeriksaan Hewan yang bakal disembeli.

Kepala Dispertanak Muljadi Suratenodjo, melalui Kepala Seksi Kesehatan Masyarakat Veternak Sri Anggraini, mengatakan, pihaknya akan terus mengawasi kesehatan hewan hingga pada Idul Adha nanti.

“Minggu depan kami mulai turun untuk pemeriksaan secara umum di lokasi-lokasi yang menjual hewan ternak untuk kurban. Maksudnya pemeriksaan eksterior yaitu dilihat dari penampilan luar ternak seperti kejernihan mata, bulu, telinga, mulut,” ucapnya, Selasa, (23/07/2019).

Dijelaskannya, untuk pemeriksaan secara detail, akan dilakukan di hari pelaksanaan Kurban nanti, yaitu pemeriksaan organ dalam seperti hati, jantung, paru-paru dan limpah.

“Kalau untuk pemeriksaan secara detail nanti pas hari pelaksanaan kurban. Petugas akan turun untuk pemeriksaan sebelum dan sesudah di potong di tempat-tempat pemotongan hewan kurban seperti, di mesjid dan di rumah yang melaksanakan pemetongan. Biasanya ada juga pemotongan pada hari ke dua dan ke tiga. Pemeriksaan sesudah di potong yaitu pemeriksaan organ dalam spt: hati, jantung, paru dan limpa,” jelasnya.

Sebenarnya, pemeriksaan seperti i ini, lanjutnya, tidak hanya dilakukan pada saat hari besar, tetapi rutin dilakukan setiap bulannya.

“Pemeriksaan hewan rutin kami lakukan setiap bulannya, namun karena ini untuk hewan kurban pastinya produksi sapinya banyak yang di impor dari luar sehingga pemeriksaannya akan kami ketatkan,” pungkasnya.

Peliput: Neno Karlina

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.