Pemkot Terus Tingkatkan Kapasitas Desa Lewat Sosialisasi

0
36

TOTABUAN.NEWS, KOTAMOBAGU – Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) menggelar Sosialisasi Program Penyedia Peningkatan Kapasitas Teknik Desa (P2KTD), sekaligus rapat koordinadi Tim Inovasi Kotamobagu (TIK) di Hotel Sapadia, Kamis (27/09/2018).

Kepala Dinas (PMD) Kotamobagu, Tedi Makalalag saat membuka kegiatan mengatakan, m agar peserta bisa menerima dan mengimplementasikan hasil sosialisasi.

“Saya akan membawakan materi orientasi dan Inovasi Desa. Ini juga penting guna pengenalan kegiatan dinas, dalam rangka pembangunan desa,” ujarnya.

Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat Desa, Muliadi mengatakan

Terpisah Sekertaris PMD, Hamdan Monigi, melalui Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat Desa, Muliadi mengatakan, sosialisasi ini merupakan tahapan pelaksanaan bursa inovasi desa.

“Ini adalah kegiatan rutin tahunan. Diberikan pemahanam tentang inovasi, yang nantinya akan diadopsi oleh desa, untuk diterapkan,” jelasnya.

Dijelaskannya, peserta sosialisasi ada duapuluh orang yang membari andil kepada pokja Pendamping Desa dan Tim Inovasi Desa (TIDes).

“Semacam kewirausahan, kebinanan, dan pendidikan, BID, akan tenaga ahli untuk memberi pemahaman. 20 peserta ini dari 3 kecamatan. Selain itu, juga untuk mendongkrat perekonaomian di desa.Paling tidak setelah menerima materi ini, bisa memahami tujuan dan maksd dari inovadi desa,” katanya.

Menurutnya, bukan hanya infrastuktur tapi ada pemberdayan, dan singkronisasi sampai pusat.

“Tantunya ini dari desa, kecamatan, pemerintah kota, provinsi dan pusat, harus diterapkan untuk diproses, untuk rencana pemerintah tahun 2019 nanti,” pungkasnya.

Turut hadir, unsur DPMD, Bappeda, Diknas, dan pendamping Desa, serta Tenaga Ahli.

Peliput: Neno Karlina

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.