Pemprov Upayakan RSUD Pobundayan Jadi Rujukan Regional

0
205
Rumah Sakit Kotamobagu Naik Tipe C

TOTABUANEWS, KOTAMOBAGU – Jumlah pasien asal Bolaang Mongondow Raya (BMR) yang meninggal dunia saat perjalanan rujuk ke Manado masih tinggi. Setiap tahun mencapai 145 pasien meninggal di jalan sebelum dapat penanganan di Rumah Sakit Prog Kandouw Manado.

Karena itu menurut Wakil Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Steven Kandouw, tahun ini Rumah Sakit Umum (RSU) Kotamobagu sudah harus menjadi rujukan regional.

“Tahun ini sudah harus terealisasi. Pemprov Sulut ikut menggenjot pembangunan RSU Kotamobagu supaya segera menjadi rujukan regional. 2016 lalu Pemprov alokasikan Rp10 miliar untuk  percepatan pembangunan RSU Kotamobagu. 2017 ini Rp25 miliar yang dialokasikan,” kata Steven usai membuka road show perpustakaan tingkat provinsi di Lapangan Motoboi Kecil, Kecamatan Kotamobagu Selatan, Rabu (9/8/2017).

“Alokasi anggaran yang besar dari Pemprov untuk RSU Kotamobagu adalah ikhtiar kita dalam menekan angka kematian di perjalanan saat rujuk. Minimal  bisa berkurang bahkan tak ada lagi,” ujarnya.

Steven mengku, RSU yang terletak di Kelurahan Pobundayan itu akan menjadi RS paling representative di wilayah BMR dan kedua setelah Prof Kandouw.

“Sekarang masih status tipe C. Nah dari C ke B dan dari B ke A, maka seluruh fasilitas, dokter, dan tempat tidur, semuanya harus disiapkan. Infrastrukturnya harus dibangun lengkap tahun ini, sehingga tahun depan tinggal meningkatkan kebutuhan lainnya,” tandasnya.

Tim Totabuanews

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.