Pendaftaran Uyo Nanu Tahap I Segera Berakhir

0
89
Moh. Agung Adati

TOTABUANEWS, KOTAMOBAGU – Jadwal pendaftaran tahap I, ajang pemilihan Uyo Nanu 2018, segera berakhir pada 16 April mendatang. Hal ini dikatakan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Kotamobagu Moh Agung Adati.

“Pendaftaran untuk tahap I, sudah di mulai 12 Februari, dan akan berakhir 16 April mendatang. Ini adalah kesempatan emas generasi muda untuk menunjukkan kemampuan serta talenta yang mereka miliki, yang melalui pemilihan Uyo Nanu,” ujarnya, Selasa (03/04/2018).

Uyo Nanu yang terpilih, lanjutnya, akan menjadi duta pariwisata kota Kotamobagu, pun menjadi duta dalam kegiatan pemerintah Kotamobagu baik daerah provinsi dan Nasional. “Bukan hanya persiapan Uyo Nanu Kotamobagu, melainkan juga dipersiapkan untuk mengikuti Nyong Noni Sulut,” katanya.

Dirinya mengatakan, penilaan akan selektif karena, Disbudpar bukan hanya menilai talenta masing-masing finalis. “Memang ini adalah salah satu penilaian kami untuk menampilkan talenta masing-masing finalis. Namun finalis juga kita akan lakukan rekam jejak, apakah pernah terlibat narkoba, atau lain sebagainya. Jika kedapatan, akan langsung gugurkan, karena sangat disayangkan finalis perna terlibat narkoba. Selain itu cara berpakaian juga adalah penilaian, ini juga menjadi teladan ditengah-tengah masyarakat,” bebernya.

Terpisah, Kabid Pariwisata sekaligus  Ketua Panitia Pemilihan Uyo Nanu Hasna Pasambuna menjelaskan, saat ini sudah ada 30 peserta yang mendaftar. Terdiri dari 15 laki-laki dan 15 perempuan, baik dari perwakilan organisasi perangkat daerah, maupun pendaftar pribadi. “Pendaftaran dibuka untuk umum. Kelurahan dan desa lingkup Kota Kotamobagu wajib mengikutsertakan perawakilannya,” ujarnya.

Pasambuna berharap, Uyo Nanu yang terpilih nantinya bisa memperkenalkan kota kotamobagu. “Dari Dinas pariwisata berharap Uyo Nanu  yang terpilih nantinya, agar bisa meperkenalkan khususnya kota kotamobagu, seni budaya pariwisata dan has Kotamobagu. Dan bisa membawa di luar provinsi dan dalam daerah,” imbuhnya.

Ditambahkannya, adapun persyaratan yang disediakan Dinas Pariwisata bagi Uyo Nanu. Wanita 165 cm, pria 170 cm. “Pastinya harus pasif berbahasa Inggris dan bahasa mongondow. Dengan persyaratan yaitu memiliki tinggi badan perempuan 165 cm dan laki-laki 170 cm, berusia 17 sampai 25 tahun, mengisi formulir, memasukkan surat persetujuan orangtua, pas foto close up dari depan, samping, dan satu badan,” tutupnya.

Sekedar informasi, Tim Penilai dari unsur Dinas Periwisata Kebudayaan, Ikatan nyong Noni sulut 2017, akademisi, unsur pers, dan budayawan.

Peliput: Neno Karlina

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.