Pengusaha Muda dan Kopi Jadi Fokus Perhatian Pemkot

0
41
biji kopi

TNews, Kotamobagu – Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang melibatkan pengusaha pemuda, juga sentra industri kopi jadi fokus di Kota Kotamobagu. Hal ini menyusul kunjungan Tim Kementrian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI di sejumlah UMKM pekan lalu.

Kepala Bidang Pemberdayaan Pemuda Kemenko PMK, Tri Haryanto, Hasil Rakor beberapa waktu lalu menunjukan bahwa kota Kotamobagu salah satu wilayah yang siap untuk bekerjasama dengan pusat atau bersinergi dengan pusat untuk kewirausahaan. “Makanya kami diperintahkan langsung oleh Deputi Bidang Pemberdayaan Kebudayaan untuk hadir ke Kotamobagu untuk melihat sejauh mana kesiapan dari Pemerintah Daerah. Kami juga langsung terjun ke lapangan untuk melihat sejauh mana wirausaha terutama terkait dengan sentra usaha kopi di kota Kotamobagu,” ungkapnya.

Hasil dari informasi yang diperoleh di lapangan nantinya akan dibawa di rapat koordinasi di Kantor Pusat untuk mensinergikan dengan Kementerian Lembaga terkait kewirausahaan seperti di Kemenko PMK, Kemenko UKM, Kemenpora. “Untuk bersama-sama terjun langsung ke Kotamobagu, untuk sebagai pilot project wirausaha terutama untuk usaha kopi,” terangnya.

Dirinya berharap, ke depan usaha kopi di Kotamobagu lebih meningkat lagi tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan di daerah Kotamobagu tetapi hingga mancanegara. “Kami juga mengali data-data bersama OPD Kotamobagu, sehingga kami di pusat dapat menerapkan program yang tepat untuk daerah, jangan sampai kami melakukan kegiatan yang tidak dibutuhkan oleh pemerintah daerah, itu yang kami hindari makanya kami datang ke sini untuk melihat kebutuhan daerah itu seperti apa, sehingga kami bisa mensupport dengan penuh,” pungkasnya.

 

Neno Karlina

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.