Perayaan Pawai Tapikong Dipastikan Meriah

0
219
Perayaan Pawai Tapikong Dipastikan Meriah

TOTABUANES, KOTAMOBAGU – Pelaksanaan pawai tapikong atau cap go meh yang akan dilaksanakan di pusat kota Kotamobagu, akhirnya disepakati bersama dalam rapat antara Pemerinath Kota (Pemkot) dan Umat Budha Tridharma Tian Shang Shen Mu Khung. Dimana, pelaksanaannya dipastikan akan lebih meriah, karena pawai kali ini tidak hanya melibatkan budaya dari tionghoa namun juga digabungkan dengan budaya lokal dan lainnya.

“Jadwal perayaanya direncanakan pada Sabut pekan ini. “Kami tinggal sampaikan hasil rapat ini ke Ibu Wali Kota Ir Hj Tatong Bara. Intinya, pemerintah mendukung pelaksanaan ini, apalagi dalam pawai melibatkan beberapa kebudayaan termasuk budaya lokal,” ucap Asisten II Pemkot, Gunawan Damopolii, usai memimpin rapat antara pemerintah dan umat tridharma kotamobagu di ruang kerja Kepala Bagian Kesos Pemkot Kotamobagu, kemarin.

Sementara, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disdukpar), Bambang Ginoga mengatakan dalam pawai selain barongsai dan tangsen dari kebudayaan tionghoa, ada juga dari lokal yakni tarian kabela dan tari tuitan kebudayaan mongondow, kemudian tari masamper kebudayaan sanger, tari bali, tari jawa dan lainnya. “Kami pastikan perayaan pawai tapikong kali ini, akan lebih meriah dari sebelumnya yang dilakukan di pusat kota,” jelasnya.

Tim Totabuanews

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.