Puskesmas Motoboi Kecil Lakukan Simulasi Vaksinasi Covid-19

0
59
TNews, Kotamobagu – Dalam rangka persiapan vaksin covid-19, Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Motoboi Kecil, melakukan simulasi vaksinasi. “Terutama masalah fasilitas dan untuk edukasi kepada masyarakat, sehingga pada saat pelaksanaan penyuntikan vaksin Covid-19 bisa terlaksana dengan baik dan lancar,” kata Kepala Puskesmas Motoboi Kecil, Linda Mokodongan, Rabu, (13/01/2021).
Dalam simulasi tersebut, Linda juga menununjukan fasilitas pelayanan dan tahapan-tahapan yang harus dilaksanakan sesuai prosedur yang sudah ditentukan. “Tahapan ini sangat penting, seperti meja pertama tempat pendaftaran atau skrining, lalu selanjutnya pelaksanaan vaksinasi, lalu pencatatan pelaporan,” jelasnya.
Sesudah memenuhi tahapan itu kata Linda, warga yang sudah melaksanakan vaksin Covid-19 tidak boleh langsung pulang, tapi harus menunggu hingga sekitar 30 menit. “Tiga puluh menit harus menunggu di area yang telah disiapkan dan terpantau untuk mengetahui kejadian pasca imunisasi,” terangnya.
Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kotamobagu dr Tanty Korompot menjelaskan, bahwa simulasi vaksin Covid-19 ini bertujuan untuk memberikan pembekalan teknis kepada petugas di fasilitas kesehatan menjelang pelaksanaan vaksinasi dan para calon penerima vaksin. “Mengingat ada berbagai tahapan dan syarat sebelum diberikan vaksin. Selain itu, agar pada hari H nanti kita sudah bisa mengantisipasi kekurangan saat di lapangan,” tutur Tanty.
Untuk distribusi vaksin di Kotamobagu, pihaknya belum dapat menyebutkan kapan vaksin akan tiba. “Kami masih menunggu instruksi dari Dinkes Provinsi Sulut untuk penyaluran ke Kotamobagu,” ujar Tanty.
Neno Karlina

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.