Ramanda Ubah Limbah Sampah Jadi Bernilai Ekonomi

0
27

TNews, Kotamobagu – Beraneka hiasan bunga yang indah berjejer. Tak banyak yang tahu, hiasan tersebut berasal dari limbah plastik. Siapa sangka di tangan Ramanda Maleteng, (36), limbah (botol) plastik bekas minuman dibuat menjadi memiliki nilai ekonomi.

Berbekal kreatifitas warga Kelurahan Mongkonai Kecamatan Kotamobagu Barat ini, membuat sejumlah pot bunga serta mendekorasi Hutan Kota Bonawang.

“Bahannya saya beli di Tempat Pembuangan Akhir (TPA). Banyak tumpukan botol-botol plastik disitu, sehingga saya coba daur ulang menjadi bahan yang berguna,” ujar Papa Rafik sapaan akrabnya, Senin, (05/10/2020).

Meski dengan sukarelanya, Bapak Tiga Anak yang bermukim di tengah hutan kota ini kemudian mendapatkan inspirasi dari para pengunjung untuk mendekorasi wilayah tersebut guna lebih mempercantik hutan dan menarik para pengunjung.

“Untuk mendekorasi menggunakan bahan plastik botol ini memang tidak dibayar, hanya saja modal yang diberikan untuk pembelian bahannya seperti botol, Cat dan senar. Nah, bersama dengan saudara, maka saya coba daur ulang bahan bekas ini,” ujarnya.

 

(*/Neno Karlina)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.