Rampung Desember, Gedung Perpustakan Kotamobagu Beroprasi Awal Tahun 2024

0
13

TNews, KOTAMOBAGU –  Progres pembangunan gedung Perpustakaan Daerah Kotamobagu, ditargetkan tuntas Desember tahun 2023, dan mulai beroperasi awal tahun 2024 mendatang.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Diskarpus) Kotamobagu, Ham Rumoroy.

Menurut Ham, saat ini pihaknya tengah menyiapkan berbagai kebutuhan pendukung untuk pengoperasian Perpustakaan.

“Akhir Desember kami mulai melakukan pembenahan, mulai dari pendistribusian buku-buku dan lain sebagainya karena awal Januari kami sudah berkantor di sana, itu artinya layanan perpustakaan mulai beroperasi termasuk perpustakaan digital,” ujar Ham kepada awak media di ruang kerjanya, Senin (20/11/2023).

Lanjutnya, Perpustakaan Kotamobagu ini fungsinya tidak hanya untuk membaca dan tempat peminjaman buku, tapi akan difungsikan menjadi pusat kegiatan pembelajaran dan lain-lain.

“Dulunya Perpustakaan itu hanya dianggap sebagai tempat membaca dan meminjam buku, namun sekarang Perpustakaan menjadi pusat kegiatan masyarakat melalui program Perpustakaan berbasis Inklusif. Program khusus dari perpustakaan nasional ini insyaallah tahun depan kami terapkan di sini, misalnya siswa dilatih merangkai bunga, kemudian anak-anak dilatih pembuatan akun dan lain sebagainya. Itu semua bagian kegiatan dari program perpustakaan inklusif,” terangnya.

Selain itu tambahnya, dengan kapasitas gedung yang mumpuni, Perpustakaan Kotamobagu juga menyediakan layanan penggunaan tempat untuk berbagai kegiatan.

“Aulanya cukup besar karena bisa menampung 700 kursi, sehingga bisa dimanfaatkan instansi pemerintah atau organisasi untuk melaksanakan rapat atau kegiatan lainnya dan itu tidak dibebankan biaya, yang ada hanya biaya token listrik dan uang kebersihan gedung bagi pihak yang menyelenggarakan kegiatan,”jelasnya.(*)

Reporter: Nindy Pobela

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.