Sudah 12 Calon PMI Mendaftar Pelatihan Bahasa Asing di Kotamobagu

0
16
Johan Sofian Boulu

TNews, Kotamobagu – Dalam upaya meningkatkan peluang kerja, Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Disperinaker) Kota Kotamobagu membuka pendaftaran pelatihan bahasa asing bagi calon Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang ingin bekerja di Jepang.

Kepala Disperinaker Kota Kotamobagu, Johan Sofian Boulu SE MM, mengungkapkan bahwa sejak dibukanya pendaftaran setelah penandatanganan Perjanjian Kerja Sama dengan PT. Dewa Aksara Nusantara minggu lalu, sudah ada 12 orang yang menghubungi kantor Disperinaker Kotamobagu.

“Untuk masyarakat yang berminat, diharapkan segera mendaftarkan diri di kantor Disperinaker Kota Kotamobagu yang berlokasi di Kelurahan Kotobangon, Kecamatan Kotamobagu Timur, ” ungkapnya.

Sofian menegaskan, bahwa biaya pelatihan bagi 10 orang akan ditanggung oleh Pemerintah Kota Kotamobagu, sedangkan PT. Dewa Aksara Nusantara bersedia membiayai hingga 200 orang. Johan Sofian Boulu menjelaskan.

“Skema pelunasan biaya pelatihan akan ditanggung oleh PT. Dewa Aksara Nusantara, dengan pembayaran atau pengembalian dana dilakukan secara cicilan melalui bank BNI setelah peserta mendapatkan pekerjaan di Jepang.”Jelasnya.

Mantan Kepala LPSE Kotamobagu ini menilai program pelatihan ini sebagai kesempatan emas bagi warga Kota Kotamobagu, terutama karena Jepang saat ini membutuhkan sekitar 6000 tenaga kerja.

“Pelatihan ini tidak hanya mencakup pembelajaran bahasa Jepang dan keterampilan teknis, tetapi juga memberikan dukungan dalam mencari peluang kerja di Jepang setelah peserta memenuhi syarat,” tandasnya.

Fabio

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.