Sukseskan Fesbudjaton ke-XVII, Pemkot Kotamobagu Tampilkan Beragam Carnaval Budaya

0
29
Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Anki Taurina Mokoginta

TNews, KOTAMOBAGU – Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kotamobagu saat ini tengah mempersiapkan rangkaian acara pembukaan Festival Budaya Jawa Tondano (Jaton) se-Indonesia Timur ke- XVII, yang digelar di Lapangan Sinindian, Kecamatan Kotamobagu Timur.

Event yang terjadwal berlangsung mulai tanggal 21 hingga 24 Juni 2023 akan diikuti kurang lebih 3 ribuan peserta yang datang dari berbagai daerah di wilayah Indonesia Timur.

Hal ini di ungkapkan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Anki Taurina Mokoginta, Kamis (15/06/2023). Ia menyampaikan rasa syukur atas terpilihnya kotamobagu sebagai tuan rumah dalam kegiatan festival Jaton se Indonesia Timur.

“Alhamdulillah tahun ini mereka memilih Kotamobagu sebagai tuan rumah dari agenda tahunan ini, tentu dari dinas kebudayaan dan pariwisata mendukung kegiatan ini, dan untuk mensukseskan acara ini di pembukaan nanti akan ada penampilan carnaval budaya, baik dari etnis Bugis, Jawa, Bali, sanger, Gorontalo, tentu yang paling khusus bolaang mongondow, yang dimana pembukaan nanti akan kolaborasi semua etnis di Kotamobagu sebagai wujud berdampingan dalam kebhinekaan”, ungkapnya

Lanjut, Anki menyebutkan bahwa dengan adanya festival ini, Kotamobagu mendapatkan peluang untuk mempromosikan budaya serta, UMKM, dan pariwisata.

“Kegiatan yang melibatkan banyak orang, tentu tujuan mereka semua ke Kotamobagu kita harus menangkap ini, karena ini merupakan potensi ekonomi, potensi pariwisata kemudian potensi religi budaya kita,”ujarnya.

Lebih lanjut, menurut Anki Jaton memiliki adat mengusung nilai religius, ini sama halnya dengan Kotamobagu,

“Kita adalah daerah eks swapraja yang juga memegang teguh warisan budaya dan warisan religi, jadi dinas kebudayaan dan pariwisata akan mensupport kegiatan ini, dibawah koordinasi dengan pimpinan dalam hal ini ibu wali kota, wakil wali kota dan sekda, di acara pembukaan nanti akan ada penampilan karnaval etnis beberapa suku etnis yang Ada di Kotamobagu untuk mensuport pergelaran festival ini,”tandasnya.***

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.