Tahun Depan Kotamobagu Bakal Hitung Angka Inflasi Sendiri

0
68
Djamila Akuba

TOTABUANEWS, KOTAMOBAGU – Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Kotamobagu saat ini sedang mempersiapkan survei biaya hidup (SBH) untuk penghitungan angka inflasi. Hal ini dikatakan Pelayan Data BPS Kotamobagu Djamila Akuba, Senin (14/05/2018).

“Insya Allah, tahun depan kita bisa menghitung sendiri angka inflasi yang ada di Kotamobagu,” harapnya.

Selama ini, untuk angka inflasi Kotamobagu l, masih memakai angka inflasi Kota Manado.

“Untuk penghitungan angka inflasi di Kotamobagu pakai angka inflasi provinsi. Jadi bersyukur, tahun depan BPS Kotamobagu dipercayakan bakal diberikan mandat menghitung angka inflasi. Tahun depan BPS Kotamobagu diberikan mandat untuk menghitung angka inflasi perubahan harga,” ujarnya.

Dalam mendukung kegiatan tersebut, BPS melakukan pelatihan kepada 45 petugasnya.

“ini untuk bisa mendukung kegiatan, kita melakukan yang nama nya survei biaya hidup (SBH). Dan saat ini jumlah petugas yang dilatih total 45 orang. Latihan ini yang kedua kalinya, sebelumnya kita buat tahun 2017. Dari peserta tersebut, ada beberapa karakter yang dilatih. Salah satunya yang dilatih cara mereka berwawancara, terkait kuisioner yang mereka pegang, dan masih banyak lagi,” jelasnya.

Peserta yang dilatih, akan turun lapangan melakukan SBH baik makanan maupun non makanan.

“Nah, setiap bulan per keluarga akan ditanyakan setiap bulan rincian pengeluaran, makanan apa yang di konsumsi, uang jalan dan lain-lain. Sudah termasuk non makanan. Pendataan ini akan dilakukan selama 3 bulan berjalan,” pungkasnya.

Peliput: Neno Karlina

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.