Tak Hanya Cantik dan Bernilai Jual Tinggi, Ikan Betutu Bisa Tingkatkan Sistem Imun Tubuh

  • Whatsapp

TNews, KOTAMOBAGU – Ikan Betutu atau yang lebih dikenal masyarakat Kotamobagu dengan sebutan Buntayang, adalah jenis ikan air tawar yang jarang dikembang-biakkan di wilayah Bolaang Mongondow Raya (BMR). Siapa sangka, ikan cantik tergolong “family” Ikan Gabus ini, memiliki harga jual yang tinggi.

Hal ini dasadari oleh, Isnan Kadi (36), warga Kelurahan Motoboi Kecil, yang tanpa sengaja menemukan Ikan Betutu bercampur dengan ikan air tawar lainnya di dalam kolam.

Bacaan Lainnya

Ikan yang hanya biasa di temukan di kedalam sungai dengan volume debit air yang tinggi ini, ternyata berharga sangat mahal. Tak tanggung-tanggung, per kilonya bisa mencapai Rp45 ribu, hingga Rp75 ribu.

“Saya juga baru tahu. Di Kotamobagu bahkan Bolaang Mongonow Raya, ikan ini masih jarang karena memang untuk bisa menangkapnya buth perjuangan yang keras. Dia hanya ada di kedalam tertentu sungai-sungai yang masih terjaga. Dan karena harga jualnya, saya akhirnya berinisiatif untuk mengembangkan ikan ini,’ ucap Isnan.

Selain memiliki tekstur daging tebal dan lembut, ikan Betutu juga sangat cantik, tak jarang orang memeliharanya hanya untuk menjadi pajangan pemanis kolam.

“Ada yang sengaja memesan, katanya hanya untuk menambah koleksi kolam, tidak diniatkan untuk dikonsumsi, sayang katanya,” terang Isnan.

Meski demikian, Isnan menambahkan, berdasarkan yang diketahuinya dari internet, ikan ini memiliki protein tinggi dan beragam manfaat buat kesehatan, termasuk membantu meningkatkan sistem imun tubuh, sehingga sangat baik dikonsumsi.

“Mengobati penyakit hepatitis, mengobati gangguan sintesis albumin yang menyebabkan seseorang rentan terkena berbagai penyakit, mengobati autism, dan mengurangi risiko terkena serangan jantung,” pungkas Isnan.

Neno Karlina

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.