Tim Surveyor SNARS Kunjungi RSUD Kotamobagu

0
68
Plt Kadis Kesehatan, Ahmad Yani Umar saat menyambut Tim SNARS

TNews,KOTAMOBAGU – Tim surveyor Standar Nasional Akreditasi Rumah Sakit (SNARS), siap melakukan survey di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Kotamobagu.

Tim ini disambut oleh Sekertaris Daerah Ir H Sande Dodo dan jajaran Dinas Kesehatan serta Kelompok Kerja RSUD Kotamobagu, Senin (02/12/2019) pagi tadi. Tim yang dipimpin Drg. Lalu Suparna tersebut ditugaskan oleh Komite Akreditasi Rumah Sakit (KARS). Mereka bakal menelisik kinerja RSUD sesuai SNARS yang akan bertugas selama Empat Hari kedepan.

Sekda Ir H Sande Dodo dalam sambutan mengucapkakn terima kasih kepada tim survey yang melakukan kunjungan di kotamobagu.

Ia mengatakan, keberpihakan Pemkot Kotamobagu terhadap bidang kesehatan cukup besar. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya intervensi dana yang diluncurkan guna meningkatkan pelayanan kesehatan yang lebih baik. “Hal ini juga sesuai dengan visi misi Walikota Ir Hj Tatong Bara dan Wakil Walikota Nayodo Koerniawan tentang peningkatan pelayanan kesehatan yang lebih baik,” ujar Sande

Menurutnya, Pemerintah Kota sangat All Out soal kesehataan. Bahkan pelayanan kesehatan bukan hanya berfokus pada pembangunan sarana dan prasaranan, tetapi sumber daya manusia juga yang terus di tingkatkan. “Harapan kami atas usaha yang telah di jalankan dan dilaksanakan, kiranya berikanlah penilaian terbaik. Dan sebagai tambahan ada lima puskesmas di kotamobagu, sudah mendapat penilaian,” ucap SandeSementara itu, Direktur RSUD Dr. Tanty Korompot, M.MKes mengatakan, tujuan akreditasi rumah sakit adalah meningkatkan mutu pelayanan kesehatan yang mengutamakan keselamatan pasien. Kebijakan akreditasi rumah sakit tersebut juga kata Dirut merupakan turunan Undang-undang nomor 44 Tahun 2009 tentang rumah sakit.

Menurutnya, dalam mempersiapkan akreditasi tersebut, pihak rumah sakit juga membentuk 16 Kelompok Kerja (Pokja). Sementara yang lain adalah persiapan dokumen dan implementasi di lapangan. Ia juga mengatakan, dalam persiapan tersebut pihak RSUD telah membentuk 16 Kelompok Kerja. “16 Pokja akreditasi versi SNARS edisi I, yakni ;

Akses Ke Rumah Sakit dan Kontinuitas Pelayanan (ARK), Asesmen Pasien (AP), Pelayanan dan Asuhan Pasien (PAP), Pelayanan Anastesi dan Bedah (PAB), Hak Pasien dan Keluarga (HPK), Manajemen Komunikasi dan Edukasi (MKE), Pencegahan dan Pengendalian Infeksi (PPI), Manajemen Informasi dan Rekam Medis (MIRM), Sasaran Keselamatan Pasien (SKP), Pelayanan Kefarmasian dan Pelayanan Obat (PKPO), Peningkatan Mutu dan Keselamatan Pasien (PMKP), Tata Kelola Rumah Sakit (TKRS), Manajemen Fasilitas dan Keselamatan (MFK), Kompetensi dan Kewenangan Staf (KKS), Program Nasional (PROGNAS),” paparnya.

 

Neno Karlina

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.