Transpuan Bukan Bagian dari Masyarakat?

0
58
Ilustrasi Transpuan. (Sumber foto : Shutterstock)

TNews, Kotamobagu – Transpuan adalah seseorang yang berjenis kelamin pria namun ia mengidentifikasi dirinya sebagai perempuan.

Sebelumnya, istilah LGBT lah yang cukup dikenal di kalangan masyarakat, yang diambil dari singkatan beberapa orientasi seksual, lesbian, gay, bisexual, dan transgender.

Istilah transpuan sendiri berasal dari kata transgender perempuan, akan tetapi istilah tersebut disingkat menjadi transpuan.

Pada tahun 2022 lalu, seorang jurnalis berpengalaman di Kota-kotamobagu, Adhe Firmansyah akrab disapa Nanang melakukan investigasi tentang transpuan.

Melalui media baklak.news Nanang menulis berita berjudul “Diskrimnasi Transpuan di Kotamobagu: Terpinggirkan tapi Diperlukan”. yang dirilis Selasa, 6 Septmber 2022.

25 Febuari lalu, saya berkesempatan mewawancarainya untuk mengetahui kronologi mendalam, transpuan di Kotamobagu.

Nara sumber yang di wawancarai oleh Nanang, seorang wirausahswan salon kecantikan di Kota-kotamobagu akrab dipanggil Richie.

“Keseharian yang ia jalani sebagai transpuan, Richie sejak dari kecil merasa di dalam batinnya bahwa ia seorang perempuan, dan sampai pada puncaknya yakni di masa-masa SMP, Richie berani menyatakan orientasi seksualnya, sampai ia mengalami diskrimasi dari keluarga dan lingkungannya” ujar Nanang tentang kisah Richie.

Nanang bercerita soal kesejahteraan kaum marginal, transpuan, ia menyatakan “Kesejahteraan sebagai bagian dari masyarakat tidak didapat mereka, dijadikan seperti anak tiri” lanjut Nanang.

“Padahal di dalam permensos itu sendiri, ada bantuan yang diberikan kepada kaum marginal, transpuan” tegas Nanang.

Diakhir sesi wawancara, ia berpesan “Seharusnya kita saling menghormati, apapun pilihan orientasi seksual orang lain kita tidak bisa menjudgje, karena nantinya kita menghadapi dosa kita masing-masing” pesan Nanang.

Fabio Balamba

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.