Usai Pelatihan Menjahit, Sejumlah Anggota Sukses Buka Usaha

0
17
Kabid Tenaga Kerja, Distrinaker Kotamobagu, Idris Amparodo, saat disambangi Totabuan News, Rabu, (17/07/2019).

TNews, KOTAMOBAGU – Sejumlah penjahit binaan Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Distrinaker) sukses membangun usaha sendiri. Hal ini dikatakan Kepala Distrinaker Kota Kotamobagu, Sarida Mokoginta melalui Kepala Bidang Tenaga Kerja, Idris Amparodo, kepada sejumlah media, Selasa, (16/07/2019) “Ada di Kobo Besar, Mongkonai, dan Molinow. Itu adalah “output” dari pelatihan yang kami buat di sini,” katanya.

Menurutnya, mereka adalah beberapa yang berhasil membuat usaha sendiri dari memberdayakan kemampuan diri yang dilatih lewat program pemerintah. “Yang lainnya, kerja di tempat lain. Mereka dipermudah, karena bukan hanya dibekali olah dan kemampuan. Tapi, juga sertifikat resmi dari pemerintah,” jelasnya.

Ditambahkannya, saat ini pihaknya, masih dalam tahap penyusunan anggaran tahun 2020 perencanaan ke depan. “Ini untuk pelatihan tenaga kerja mandiri. Untuk pemberdayaan masyarakat. Orang yang mempunyai keahlian, misalnya, membuat kue, akan difasilitasi pemerintah dan di beri pembekalan lewat instruktur,” ucapnya.

Untuk peserta, lanjutnya, mereka akan menyurat ke kelurahan desa dan kemudian dilatih sampai memiliki sertifikt. “Syaratnya minimal harus maksimal umur 30 tahun,” pungkasnya.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.