Warga Miskin Menangis Tak Dapat Rastra

0
51
Pemkot Pantau Penyaluran Rastra
ilustrasi penyaluran rastra

TOTABUANEWS, KOTAMOBAGU –Pendataan daftar nama penerima beras sejahtera (Rastra) sepertinya belum menjangkau semua warga miskin yang masuk kategori layak penerima. Terbukti, satu warga di Kelurahan Upai, Kecamatan Kotamobagu Utara, Ratini Dondo (62), mengaku tak mendapat beras subsidi dari pemerintah tersebut. Rabu (03/05/2017), janda beranak tiga itu mendatangi Kantor Bagian Ekonomi dan Pembangunan untuk mempertanyakan tidak masuknya dirinya kedalam daftar nama penerima rastra.

“Tadi pagi saya datang ke kantor kelurahan mengecek nama saya, tapi tidak ada di daftar penerima. Setelah saya tanyakan ke lurah, tapi dia (lurah) menyuruh saya ke kantor Dinas Sosial, kemudian saya pergi ke situ (Dinas Sosial) tapi kata mereka chek di bagian ekonomi,” ujarnya, sambil menangis dihadapan para staf di Kantor Bagian Ekonomi dan Pembangunan.

Ia mengakui, setiap tahunnya dirinya selalu mendapatkan jatah rastra. Namun ia heran karena tahun ini namanya tak ada lagi dalam daftar penerima.

“Dari dulu saya selalu dapat, mulai dari jatah lima kilo setiap bulan, tapi kenapa tahun ini tidak dapat. Kasihan saya hanya hidup sendiri, suami saya sudah meninggal sejak Tahun 2007,” katanya.

Menanggapi hal itu, Kepala Bagian Ekonomi dan Pembangunan, Alfian Hasan, mengungkapkan daftar nama penerima rastra merupakan usulan dari tiap kelurahan dan desa kemudian disetujui Kementrian Sosial melalui Surat Keputusan (SK). “Daftar nama penerima itu sudah lama, kemudian tahun lalu kita verifikasi lagi sehingga ada pengurangan. Nama-nama yang menerima rastra tahun ini berdasarkan SK kementrian,” ungkapnya.

Pihaknya akan berkoordinasi dengan pihak kementrian terkait adanya warga miskin yang tak masuk dalam daftar penerima rastra.

“Bukan Pemkot yang menyetujui nama-nama penerima rastra, tapi dari kementrian. Jadi kita akan koordinasi lagi dengan mereka (kementrian),” tambahnya.

Sayangnya, upaya konfirmasi ke Lurah Upai, Ridwan Mokoagow, belum berhasil. Dihubungi melalui nomor ponsel 085298688XXX tidak dapat dihubungi.

Tim Totabuanews

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.