Wisata Batu Putih Malelang Bilalang I Surga Tersembunyi Kotamobagu

0
368

TOTABUAN.NEWS, KOTAMOBAGU – Berjarak 1 kilometer dengan pemukiman masyarakat Desa Bilalang I, Kecamatan Kotamobagu Utara, dan waktu tempuh kurang lebih 15 menit, tempat wisata Batu Putih Melelang mempunyai pesona luar biasa. Wajar jika Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) memasukannya dalam daftar wisata yang akan dikelola.

Kepala Desa BilalangI, Badaria Mokoginta melalui Sekertaris Desa, Hartono Mamonto, kepada TOTABUAN.NEWS mengatakan, Batu Putih Malelang telah beberapa kali mendapat kunjungan dari Pemkot pun Pemprov.

“Dengar-dengar seperti itu, karna kami juga telah menerima kunjungan bahkan dari Pariwisata provinsi,” ujarnya, Senin (24/09/2018).

Menurutnya, pemerintah desa berupaya untuk terus mengembangkan tempat wisata ini, agar lebih muda dikenal lagi.

“Memang sudah kami masukkan Rencana Anggaran Pembangunan Daerah (RAPD), terutama fokus kami untuk akses jalan, nanti akan kami kombinasikan dengan suguhan kopi Dinodok. Biar lebih menarik lagi,” katanya.

Dijelaskannya, ada beberapa warga pemilik lahan yang tidak sepakat untuk pembuatan jalan ini, tapi sekarang sudah teratasi.

“Alhamdulilah sekarang mereka sudah tidak keberatan, jadi 2019 sudah bisa diupayakan,” tandasnya.

Terpisah, Herlina Mokoginta, Ketua RT 8 Desa Bilalang I, yang berkesempatan bersama TOTABUAN.NEWS mengunjungi langsung lokasi Batu Putih Malelang mengungkapkan, gundukan Batu Putih Malelang adalah gundukan yang terjadi secara alamiah, berpuluh-puluh tahun lalu.

“Iya, kalau menurut cerita orangtua dulu, ini sudah ada sejak dahulu. Bahkan sebelum saya lahir. Dan air panasnya, adalah sambungan dari akar gunung Ambang. Tapi, secara ilmiah belum bisa dipastikan penyebab dari dan bagaimana ini bisa ada,” jelasnya.

Sampai saat ini, lanjutnya, belum ada yang datang meneliti lokasi Batu Putih Malelang.

“Tapi menurut dugaan kebanyakan orang, bau busuk yang keluar dari batu, bisa menguatkan pendapat jika itu mengandung belerang. Jadi warga sekitar datang berendam untuk mengambil manfaat baiknya,” pungkasnya.

Peliput: Neno Karlina

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.