KPUD Bolsel Masih Lakukan Verifikasi Faktual

0
171
KPU Bolmong Libatkan Masyarakat di Debat Publik

TOTABUANEWS.COM, Molibagu – Hingga kini personil Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Bolmong Selatan (Bolsel), masih terus melakukan verikasi faktual di desa.

Verifikasi faktual itu,guna mencocokkan Kartu Tanda Anggota (KTA) Partai Politik (Parpol), yang dinyatakan lolos verifikasi. ” Parpol yang dinyatakan lolos bukan berarti sudah aman. Yang pasti masih akan dilakukan Verifikasi termasuk pemeriksaan faktual KTA anggota Parpol, “kata Sekertaris KPUD Bolsel Djakir Bonde.

Menurut Bonde, untuk verifikasi KTA ini, yang pasti tim KPU harus turun ke sejumlah desa untuk mencari anggota partai yang namanya tertera pada KTA.

” Kita tetap akan mencocokan setiap KTA yang dimasukkan oleh partai yang lolos di KPU. Semua KTA harus dikroscek apakah sesuai atau tidak,” jelas Bonde.

Metode yang digunakan katanya yaitu dengan melakukan pengacakan KTA. Kemudian dilanjutkan dengan pengecekan di lapangan. Sesuai dengan persyaratan KPU perlu mencari anggota partai yang ada KTA-nya,untuk di cocokkan apakah benar atau tidak sebagai anggota Parpol. Selain itu jika yang bersangkutan tidak ditemukan, yang pasti partai diwajibkan untuk membawa yang bersangkutan ke kantor KPU.

Namun jika ada orangnya , tapi dia tidak mengakui bahwa dirinya adalah anggota Parpol sesuai yang tertera dalam KTA tersebut, maka akan langsung disodorkan surat pernyataan, kalau dirinya bukan merupakan anggota dari Parpol tertentu untuk ditandatangani. Bahkan dari hasil verikasi sudah ada ditemukan kejanggalan termasuk ada yang tidak terdata sebagai anggota Parpol.

” Dari hasil verikasi sudah ada yang kami temukan. Jadi yang bersangkutan langsung menandatangani surat pernyataan,” kata Bonde.

Hasil verifikasi faktual nantinya akan dirangkum hasil temuan, kemudian akan diadakan inventarisir. Setelah itu akan dilakukan klarifikasi ke Parpol, agar segera melakukan perbaikan. Dar hasil tahapan akan dilakukan verifikasi dan lanjutkan dengan rapat pleno KPU dan akan dikirim ke Provinsi,

“ Hasil dari rapat pleno akan dikirimkan ke Provinsi dan kemudian akan dilanjutkan ke KPU Pusat,’tutupnya. (hasdy)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.