KSU Motilango Mamalia I Miliki Kekayaan Rp1,2M

0
160
Herson Mayulu
Herson Mayulu
Herson Mayulu

Totabuanews.com, Bolsel – Bupati Bolmong Selatan H. Herson Mayulu, SIP mengatakan, agar instansi terkait dapat mengambil mencontoh atas keberhasilan Koperasi Serba Usaha (KSU) Motilango Desa Mamalia I Kecamatan Posigadan untuk mengangkat kembali dunia usaha dibidang koperasi.

Kata bupati, KSU Motilango dinilai berhasil mengembangkan usahanya hingga selang tujuh tahun. Bahkan dari perjalanan usaha yang dijalankan sudah memiliki kekayaan sebesar Rp1,5 miliar .

“Ini patut kita banggakan, ternyata masih ada koperasi yang berhasil, semua harus berpikir bagaimana koperasi bisa hidup kembali, minimal tiap kecamatan ada satu,” ungkap Papa Ven sapaan akrabnya saat membuka Rapat Anggota Tahunan, Jumat (25/01/2013).

Untuk itu, Papa Ven meminta agar koperasi di tingkat kabupaten dapat dihidupkan kembali, KSU Motilango dapat dijadikan contoh.

“Paling tidak tiap kecamatan ada satu koperasi seperti ini,” pintanya serius.

Berkembangnya koperasi, menurut politisi PDI-P ini harus miliki empat unsur. Antara lain, manusia, modal, mesin yang menggerakan koperasi dan metode.”Kalau salah satu tidak ada sulit sebuah koperasi bisa maju,” terangnya.

Kini koperasi yang beranggotakan 481 orang, memiliki usaha simpan pinjam, catering dan warung serba ada (Waserda).

Menurut Sekretaris KSU Motilango, Yola Maksun berbagai rintangan selama tujuh tahun mampu dilalui, sehingga saat ini sudah mampu memenuhi kebutuhan masyarakat.

“Usaha kami tidak hanya di desa Mamalia tapi sudah merambah ke desa- desa lain,” jelas Maksum bangga.

Ditambahkannya pula, dengan kekayaan koperasi yang mencapai miliaran tersebut, hanya ditangani empat orang pengurus.

“Kedepan kami akan terus berusaha membesarkan koperasi yang menjadi kebanggaan masyarakat Mamalia ini,” tutur Maksum. (chan/hasdy)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.