Lewat Program Pamsimas, Warga Muntoi Nikmati Sambungan Air Bersih

0
563

TNews, BOLMONG — Lewat program Nasional Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas III), warga Desa Muntoi, Kecamatan Passi Barat bakal menikmati air bersih.

Hal itu terbukti saat Pemerintah Desa Muntoi, resmi melakukan serah terima fisik program Pamsimas III Tahun Anggaran 2020, Senin, (21/12/2020).

Kegiatan itu dimulai dengan peninjauan dan peresmian bak air bersih, serta peninjauan sambungan air bersih di rumah warga bersama Kepala Dinas DPMD Ahmad Yani Damopolii, Camat Passi Barat Ma’rief Mokodompit, Kepala UPTD Puskesmas Passi Barat Mince Tarore, Koordinator (Rooms) Pamsimas Kabupaten Bolmong Jerry Makasenda, dan tim fasilitator kabupaten.

Sangadi Desa Muntoi Kartika Tunggali mengatakan, pihaknya berterima kasih kepada seluruh stakeholder yang mendukung program pamsimas sehingga bisa terealisasi 100 persen selesai sesuai kalender kerja.

Lanjutnya, program pamsimas total anggarannya mencapai Rp. 350. 782.000, meliputi BLM 245.547.400, Incash 14.031.300, Inkind 56.125.100, APBdes 35.078.200. Menurut Kartika, dengan diserah terimakan pamsimas tersebut, maka 52 kepala keluarga langsung menikmati air bersih.

“Dua diantaranya sambungan halaman rumah yang dinikmati warga Muntoi,” tuturnya.

Sementara itu, Camat Passi Barat Ma’rief Mokodompit dalam sambutannya sangat mengapresiasi Sangadi Muntoi dan pengurus KKM Moonow, sehingga air bersih bisa mengaliri rumah warga.

“InsyaAllah program ini akan terus berkelanjutan karena air bersih sangat dibutuhkan warga,” ungkap Ma’rief.

Di sisi lain, Koordinator Rooms Pamsimas Bolmong, Jerry Kasenda mengatakan, pihaknya akan terus mengawasi program tersebut supaya berjalan maksimal dengan telah membentuk KKM Moonow selaku pengurus Pamsimas di desa untuk mengelola air bersih.

Dimana kata dia, secara otomatis juga sarana air bersih itu akan menjadi bagian dari pengawasan DPMD pasca diserahkannya ke desa.

“Bahkan kedepannya desa yang mengelola air bersih ini akan mendapatkan reward untuk setiap pengurus berprestasi yang mengelola, memelihara fisik dan sumber air,” ujarnya.

Sekadar diketahui, usai peninjauan juga dilakukan penandatanganan berita acara serah terima fisik yang turut disaksikan Kapolsek Passi Moh Rosit dan Koramil Passi melalui Babinsa Adi Mokodompit. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.