Bicarakan Rumah Susun dan Pintu Air, Vicky Lumentut Dampingi Menteri Sosial di Manado

0
44

TNews, MANADO — Pasca bencana banjir dan tanah longsor yang melanda Kota Manado, Menteri Sosial (Mensos) Republik Indonesia (RI) Tri Rismaharini atau yang akrab disapa Bu Risma pun langsung melaksanakan kunjungan kerjanya di Sulawesi Utara, Rabu (20/1/2021).

Sejumlah titik bencana di Kota Manado dikunjunginya sambil didampingi oleh Wali kota Manado GS Vicky Lumentut, Sekda Kota Manado Micler Lakat dan Kadis Sosial Sammy Kaawoan.

Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw pun turut serta dalam rombongan dan ikut mengunjungi lokasi bencana.

Selain membawa langsung bantuan, dalam kunjungan tersebut, Bu Risma dan Vicky Lumentut langsung membicarakan hal-hal strategis untuk penanganan banjir dan tanah longsor.

Vicky Lumentut mengatakan, ke depan Pemerintah Kota Manado akan cek lagi perbaikan yang harus dilakukan, sebagaimana yang diarahkan oleh Mensos Risma.

“Di daerah sungai khususnya sungai yang besar karena sering ada Rob, dibuatlah pintu air sehingga ketika ada hujan, airnya pasang, kita bisa kendalikan,” ujar Vicky kepada BeritaManado.com.

Lanjutnya, untuk mewujudkan hal tersebut dibutuhkan biaya yang besar sehingga Vicky Lumentut pun meminta bantuan Menteri Sosial agar bisa diteruskan ke Menteri PUPR untuk dibangun.

Sementara terkait longsor, atas hasil pembicaraan dengan Mensos, Pemerintah Kota Manado akan mendata daerah yang sering longsor lalu merelokasi warga untuk dipindah ke rumah susun karena kalau dibiarkan maka tanah longsor akan selalu jadi ancaman.

“Karena kalau seperti di Pandu, ada kecenderungan warga untuk kembali ke tempat asalnya, makanya muncul tadi rumah susun disekitar lokasi ini. Jadi rumah susunnya bukan di satu tempat baru tapi di sekitar tempat mereka tinggal. Di daerah-daerah Dendengan Luar kita punya lahan di situ ada sekitar 3-4.000, saya tadi titipkan buat rumah susun. Nanti yang ada di bantaran sungai dan yang ada di tebing yang berbahaya kita pindahkan,” kata Vicky.

 

Sumber: Berita Manado

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.