Bupati dan Wabup Bolmut Hadiri Rakor Pengawasan Intern Keuangan dan Pembangunan

0
35

TNews, MANADO — Bertempat di Ruang Mapalus Kantor Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Selasa, (30/03/2021). Bupati Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) Drs.Hi Depri Pontoh dan Wakil Bupati Bolmut Drs. Hi Amin Lasena, M. AP menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) Pengawasan Intern Keuangan dan Pembangunan Tingkat Provinsi Sulawesi Utara.

Kegiatan yang mengusung Tema “Pariwisata Sulawesi Utara Bangkit, Menuju Sulawesi Utara Maju dan Sejahtera” dihadiri langsung Gubernur Olly Dondokambey dan Wagub Steven O.E. Kandouw, Bupati/Walikota se Sulut, Wakil Bupati/Wakil Walikota se Sulut, Pimpinan DPRD se-Sulut, Forkopimda Sulut, Ketua KPK-RI, Kepala BPKP-RI dan Inspektur Jenderal Kemendagri.

Bertindak sebagai Narasumber kegiatan ini Inspektorat Jenderal Kementerian Dalam Negeri RI Bachtira Sinaga, SE., MM., CRGP, Deputi Kepala BPKP Bidang Investigasi RI Agustina Arumsari, Ak., M.H., CFE., CGrA., CA., QIA, dan Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi RI Alexander Marwata, Ak., SH., CFE.

Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE, dalam sambutannya menyampaikan rencana pengembangan destinasi wisata di Sulut, dimana Sulut menjadi salah satu fokus pengembangan pariwisata Super Prioritas.

“Sulut menjadi salah satu fokus pengembangan pariwisata super prioritas, ini tentu berkonsekuensi anggaran yang tentu menjadi perhatian kita bersama, sehingga KPK  meminta kepada para kepala daerah se-Sulawesi Utara agar memanfaatkan keberadaan APIP baik itu Itjen Kemendagri, BPKP dan Inspektorat di daerah, dalam rangka pengawasan penggunaan anggaran agar terhindar dari tindak pidana korupsi,” tutur Gubernur Sulut.

Teripisah Bupati Bolmut Drs.Hi Depri Pontoh, usai kegiatan tersebut, mengatakan salah satu tujuan kegiatan ini adalah untuk memperkuat peran Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) untuk  mencegah  korupsi di lingkungan Pemerintah Daerah.

“Koordinasi antara APIP Daerah dan BPKP dalam melakukan pengawasan di Pemerintah Daerah, sinergitas mengatasi permasalahan atau kendala yang di hadapi APIP, serta memperkuat komitmen tugas dan tanggung jawab dalam rangka meningkatkan kapabilitas APIP,”kata Bupati Bolmut. Kegiatan tersebut menerapkan Protokol Pencegahan Covid-19.

Uphik Mando

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.