Ini Kondisi Terkini Kawasan Pantai Manado Usai Diterjang Air Pasang Setinggi 2,3 Meter

0
1588

TNews, MANADO – Air pasang disertai gelombang tinggi terjadi di laut bagian utara Provinsi Sulawesi Utara, Minggu sore hingga Senin dinihari (17-18/1/2021).

Di Kota Manado, air pasang meluber ke sejumlah tempat termasuk kawasan reklamasi Megamas dan Manado Town Square (Mantos) di Jalan Piere Tendean, Boulevard.

Kondisi tersebut sempat membuat panik warga seperti dalam banyak rekaman yang beredar luas.

“Kaget juga, tiba-tiba air laut naik ke daratan hingga masuk kawasan pertokoan. Selama saya bekerja baru kali ini terjadi,” ujar Ridwan, pekerja kawasan Megamas, Minggu malam.

Air pasang masuk pertokoan kawasan reklamasi di Jalan Piere Tendean, Boulevard (foto dari video internet)

Air yang naik ke daratan membawa banyak material termasuk sampah plastik seperti yang terlihat pada Senin (18/1/2021) pagi. Air pasang juga merusak sejumlah toko dan rumah makan.

Sebelumnya pada Minggu, 17 Januari 2021 malam, BMKG Maritim Bitung merilis Analisis Gelombang Ekstrim di Wilayah Perairan Utara Sulawesi Utara.

Suhu permukaan laut di perairan utara Halmahera terpantau skitar 30 – 32 C, lebih hangat jika dibandingkan dengan suhu permukaan laut di Utara Kalimantan yang berkisar antara 28 – 30C.

Meningkatnya suhu permukaan laut di utara perairan Halmahera mengakibatkan terbentuknya daerah tekanan rendah (1008 HPA), sedangkan pada perairan Kalimantan Utara terpantau memiliki daerah tekanan yang lebih tinggi (1010 HPA).

Sampah yang terbawa air berserakan di kawasan Megamas (fotonet)

Perbedaan tekanan udara di antara perairan utara Kalimantan dan utara perairan Halmahera mengakibatkan angin bertiup kencang dari Barat ke Timur dengan kecepatan 20 – 30 Knots.

Peningkatan kecepatan angin, durasi angin berhembus, dan panjang hembusan angin dapat membangkitkan gelombang Tinggi.

Dari model InaWAVE pada tanggal 17 Januari 2021 tinggi gelombang di perairan utara Sulut berkisar antara 2.5 – 4.0 meter atau termasuk dalam kategori gelombang tinggi (ROUGH SEAS).

Pada pukul 19.00 WITA di perairan utara Sulut terjadi air pasang 2,3 Meter. Hal ini mengakibatkan terjadinya peningkatan tinggi gelombang di pesisir utara Sulut.

Kondisi angin kencang dan gelombang tinggi masih akan berlangsung hingga esok hari (Senin) dan akan berangsur-angsur menurun.

Informasi selanjutnya mengenai peringatan dini gelombang tinggi akan kami update setiap harinya.

 

Sumber: Manado News

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.