KAGAMA Pengcab Manado Gelar Donor Darah, Wartawan Ikut Ambil Bagian

0
93
Taufik Tumbelaka saat mendampingi salah satu pendonor darah. (Foto : Taufik)

TNews, MANADO – Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada (KAGAMA) Pengcab Manado pada Jumat (2/9/2022) melakukan aksi kemanusiaan berupa donor darah.

Kegiatan yang digelar di Unit Transfusi Darah RSUP Prof RD Kandou, Manado itu, dalam rangka perayaan dan syukuran HUT ke-77 Indonesia sekaligus menyambut HUT Provinsi Sulawesi Utara.

Selain anggota KAGAMA, sejumlah wartawan yang bergabung dalam Persatuan Wartawan Nasrani (PEWARNA) Sulut juga turut mendonorkan darahnya.

Ketua KAGAMA Manado Taufik M Tumbelaka mengatakan, kegiatan kemanusiaan ini dilakukan sebagai salah satu bentuk ekspresi syukur atas Hari Kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus lalu juga HUT Sulawesi Utara yang jatuh pada tanggal 23 September.

“Kami mensyukurinya bersama sejumlah wartawan termasuk wartawan yang tergabung di PEWARNA Sulut pimpinan Sisco Manossoh dan Srikandi Pangemanan. Kami memilih RSUP Prof Kandou Manado karena merupakan rumah sakit terbesar di Sulut dengan permintaan kebutuhan transfusi darah relatif tinggi,” ujar Taufik Tumbelaka.

PEWARNA Sulut diketahui sudah beberapa kali bekerja sama dengan KAGAMA Manado, sebelumnya pernah berbagi masker untuk para lansia.

Bendahara PEWARNA Sulut Olfiane Kapojos pun mengatakan, pihaknya mendukung penuh kegiatan sosial seperti ini.

“Diharapkan kedepan akan terus ada kegiatan sosial bersama sebagai bentuk kontribusi pada kemanusiaan dan dukungan atas upaya pemerintah dalam menyentuh masalah sosial,” kata Olfiane.

Sementara, Direktur Utama RSUP Prof. Kandou Manado Dr. dr. Jimmy Panelewan, SpB – KBD mengapresiasikan kegiatan sosial KAGAMA Manado dan berharap kegiatan seperti ini akan dilaksanakan secara kontinu.

“Kegiatan kemanusian berupa donor darah KAGAMA Manado di RSUP Prof Kandou merupakan kegiatan ke dua. Sebelumnya KAGAMA Manado dan jurnalis melakukan donor plasma konvalesen. Jadi kami berharap ke depan akan semakin sering kegiatan sosial seperti ini. Diketahui kebutuhan transfusi darah kepada pasien saat ini selalu tinggi,” jelas dr. Jimmy.

Kegiatan sosial ini direncanakan KAGAMA Manado akan dibuat secara berkala guna memenuhi kebutuhan pasien akan ketersediaan darah.

Hadir dari KAGAMA antara lain alumni Fakultas Kedokteran UGM, Mayor CKM dr. Mulya Sp.OT dan alumni Fisipol UGM Altin Sualang.

Reporter : Shera Umboh

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.