Manfaatkan Teknologi, Diskominfo Bolmong Kembangkan 13 Aplikasi Layanan Publik

0
44
Jenli Mongilong.

TNews, BOLMONG — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong) melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) terus memanfaatkan teknologi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Pemanfaatan teknologi dalam berbagai aplikasi ini juga diciptakan untuk menyajikan keterbukaan informasi.

Kepala Diskominfo Jenli Mongilong, mengatakan saat ini pihaknya sementara membangun dan mengembangkan 13 aplikasi untuk kebutuhan pelayanan administrasi pemerintahan, maupun untuk layanan publik.

“Saat ini kami sedang membangun dan mengembangkan 13 aplikasi,” ungkap Jenli, Rabu (09/06/2021).

Ke 13 aplikasi tersebut di antaranya, pembuatan perpustakaan online dan sistem arsip digital, membangun aplikasi pariwisata dan potensi-potensi daerah yang terintegrasi berbasis Geographic Information System (GIS), sistem Informasi dan layanan publik sampai di wilayah desa dan kecamatan dengan memanfaatkan infrastruktur TIK di antaranya layanan pencatatan sipil serta pengurusan perizinan.

“Juga ada pengembangan aplikasi transaksi keuangan secara cashless dengan memanfaatkan merchant serta lembaga keuangan lainnya seperti agen perbankan yang ada di desa,” ujarnya.

“Selain itu, dalam membangun dan mengembangkan aplikasi tersebut Diskominfo Bolmong nantinya akan berkoordinasi dan berkolaborasi dengan dinas dan badan terkait,” julas dia.

Imran Asiaw

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.