Mendagri RI Ingatkan Fatoni Awasi Pilkada 2020 di Sulut

0
100

Tnews, Jakarta – Penyerahan keputusan Menteri Dalam Negeri tentang Penunjukan Penjabat Sementara Gubernur Kepulauan Riau, Gubernur Jambi, Gubernur Kalimantan Utara, dan Gubernur Sulawesi Utara, dilakukan langsung Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Jumat 25 September 2020 berlangsung diruang rapat Sasana Bhakti Kantor Kemendari RI. Kegiatan penyerahan keputusan serta pelantikan ini digelar pihak Kementrian Dalam Negeri dengan menerapkan protokol kesehatan ketat.

Dalam kesempatan ini, Mendagri Tito Karnavian berharap peran Kepala Daerah yang sudah ditunjuk untuk dapat mengawasi Pilkada 2020. ” Bukan hanya sekedar aman dan lancar , tapi Kepala Daerah harus berupaya juga memutuskan mata rantai penyebaran Covid – 19, jangan sampai Pilkada ini menjadi media penularan Covid-19″.

Mendagri Tito Karnavian menunjuk Kepala Balitbang Kemendagri Agus Fatoni menjabat sementara Gubernur Sulut. Fatoni menggantikan sementara posisi Olly Dondokambey dan Steven Kandouw yang akan kembali ikut dalam pencalonan di Pilkada Sulut 2020. Berikut data Profil dari Agus Fatoni :

27 Juli 2020, pria kelahiran Bahuga, Kabupaten Waykanan Lampung itu resmi menjabat Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Agus Fatoni dilantik Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian.

Sebelum menjabat Kepala Balitbang, Fatoni menjabat sebagai Sekretaris Direktorat Jenderal Bina Keuangan Daerah dan pelaksana tugas (Plt) Kepala Balitbang Kemendagri.

Lulusan S3 (doktor) Ilmu Pemerintahan Universitas Padjajaran itu memulai karier di birokrasi kepemerintahan, sabagai ajudan Gubernur Lampung pada periode 1995-1997.

Tahun 2008-2010, lulusan SMA Negeri 1 Tanjungkarang tahun 1991 itu menjabat Kepala Seksi Provinsi Papua dan Daerah Istimewa Yogyakarta pada Subdit Otonomi Khusus Ditjen Otonomi Daerah Kemendagri.

Pernah menjabat sebagai Kepala Staf Pribadi Mendagri, Kepala Bagian Protokol. Kepala Subdit Dana Bagi Hasil Pajak, Migas dan Cukai pada Direktorat Fasilitasi Dana Perimbangan Kemendagri. Aktif di berbagai organisasi antara lain sebagai: Ketua Senat Mahasiswa IIP pada masa pergerakan reformasi tahun 1998.

Saat ini, masih menjabat sebagai Ketua Umum Forum Protokol Indonesia, Ketua Umum Purna Praja 03 Indonesia (Pujangga Indonesia). Wakil Sekretaris Masyarakat Ilmu Pemerintahan (MIPI) Pusat dan Wakil Direktur Eksekutif Forum Sekda Provinsi Seluruh Indonesia (Forsesdasi).

Dia juga tercatat dalam sejumlah organisasi sosial dan kependidikan, antara lain: Pembina Pondok Pesantren Tahfidz Al-Hikmah Istiqomah Buaybahuga, Kabupaten Waykanan. Ketua Forum Walisantri Pondok Pesantren Tahfidz Ustadz Yusuf Mansur Darul Quran.

PLUR

 

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.