Menteri Investasi RI Apresiasi Paparan Bupati Joune Ganda Terkait Capaian Realisasi Investasi Minut Tertinggi di Sulut

0
26

News, Minut Sulawesi Utara – Paparan Bupati  Minahasa Utara Joune J.E. Ganda, SE, MAP, MM, M.Si, terkait ekspose capaian realisasi investasi Kabupaten Minahasa Utara tahun 2023, Senin (11/9) di Kementerian Investasi/BKPM RI, Kawasan Bisnis SCBD Jakarta. Mendapat apresiasi Menteri Investasi/BPKM Bahlil Lahadalia.

Bupati yang berkesempatan melaksanakan kunjungan, juga memanfaatkan dan beraudiensi dengan Menteri Investasi yang juga ketua BPKM, didampingi Kepala Dinas Penanaman Modal dan PTSP Minut Richard J.H. Dondokambey, SSTP.
Bupati Minut dan Kadis Richard, diterima sang Menteri dalam suasana keakraban langsung di ruang kerjanya.
Menteri dan Bupati terlihat serius berdiskusi dan saling sharing terkait isu-isu ekonomi global.
Menteri Bahlil menyampaikan salah solusi menghadapi krisis global adalah memperkuat melalui investasi dan penanaman modal, diantaranya memperkuat investasi yang ada di daerah.
The One Minut yang berkesempatan bertatap muka langsung dengan Menteri, secara gamblang merinci capaian investasi Kabupaten Minahasa Utara yang adalah nomor satu se provinsi Sulawesi Utara.
Dijelaskan JG hingga semester 1 Tahun 2023, total investasi telah menyentuh angka hampir 1 Triliun (929,165 Milyar), 50.15% dari target Kementerian Investasi BKPM RI dan 67,42 % dari target RPJMD.
Bupati Joune Gandan menambahkan bahwa ditahun sebelumnya, tahun 2022 realisasi investasi Minahasa Utara mencapai 2,43 Triliun, 101,52% dari target nasional dan 185,71% dari target RPJMD.
” Atas capaian nilai transaksi investasi
diatas, maka Kabupaten Minahasa Utara di berada pada Peringkat ke-1 capaian investasi dari Kabupaten/Kota se-Sulawesi Utara” terang Joune
Capaian ini lanjut bupati, adalah hasil tindak lanjut dari peringatan yang disampaikannya kepada setiap OPD terkait, khususnya PTSP agar memberi dukungan dan ruang penuh untuk calon investor yang akan berinvestasi di Minut, terutama mempermudah perizinan dengan sistim birokrasi yang transparan dan berbasis digital
” Selama memimpin Kabupaten Minahasa Utara, soal sektor investasi menjadi salah satu prioritas program yakni dengan membuka peluang berinvestasi sesuai dengan potensi Sumber daya alam sesuai dengan kebijakan sustainable development dengan mempertimbangkan aspek keselamatan lingkungan dan aspek strategis lainnya ” ujar Joune Ganda sambil menegaskan bahwa
fakta diatas menjadikan Kabupaten Minahasa Utara sebagai salah satu daerah yang aman dan kondusif dalam berinvestasi, dengan kata lain daerah primadona untuk berinvestasi.
Terbaru, berkat komitmen dan kesunggguhan Bupati Joune Ganda menjaga iklim investasi, Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara meraih REI Sulut Award III kategori Pemerintah Kabupaten/Kota dengan Pelayanan Perizinan Terbaik.
Adapun Penghargaan tersebut diberikan Wakil Gubernur Sulawesi Utara Steven Kandouw disusul penyerahan sertifikat oleh Ketua Umum REI Joko Suranto dan Ketua DPD REI Sulut Beniqno Polii Turut pada Musyawarah Daerah (Musda) Real Estate Indonesia (REI) Sulut ke-X dan REI Sulut Award III Tahun 2023, Selasa (5/9/2023) lalu di Luwansa Manado.
Dalam kunjungan dan audensi dengan Menteri Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal itu, Bupati Minut Joune Ganda dalam kapasitasnya sebagai ketua bidang Politik dan Keamanan Asosiasi Pemerintah Kabupaten (Apkasi) turut memperkenalkan putri Otonomi Indonesia 2023 asal Minahasa Utara Elisha Lumintang.(***)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.