Bupati VAP Buka Pelatihan dan Pembentukan Tim RCD

0
22
Loading...

TNews, MINUT – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Minahasa Utara (Minut) pelatihan pembentukan dan pengembangan tim reaksi cepat daerah (TRCD).

Kegitan dilaksanakan pada Rabu (11/03/2020), dibuka langsung oleh Bupati Minut DR Vonny Anneke Panambunan, S.Th (VAP), yang dipusatkan  di gedung serbaguna Livina Airmadidi. Selain Bupati, turut dihadiri Kepala Daerah Oprasi Mangala AGNI Bitung, Thoyib Hambali Mokoagouw

Bupati VAP dalam sambutannya menceritakan kisah bahwa dirinya teringat bencana alam dan kebakaran hutan di Minut yang tertanggulangi dengan baik. “Saya berterima kasih para pejuang, sudah memberanikan diri menjadi pejuang untuk menggalungi bencana alam atau bencana yang ada di Minut,” kata Bupati VAP.

Ia pun berharap, peserta dalam pelatihan itu mengikuti setiap materi yang diberikan oleh para pelatih. Sehingga kelak menjadi pejuang yang tanggap dalam menjalankan fungsinya. “Jangan kalian jadi pejuang untuk mencelekai diri kalian sendiri. Harus berhati-hati setiap menjalankan tugas. Saya harapkan 20 para pejuang bisa membantu masyarakat bila terkena bencana alam,” imbaunya.

Sementara itu, Mokoagouw menegaskan, seluruh peserta akan mendapat materi dan praktek, sebagai bekal dalam menjalankan tugas dan tanggujawab yang diemban. “Sekarang ini masih dalam materi. Nanti prakteknya di Bitung karena peralatan disana lengkap,” ujar Mokoagouw.

Kepala badan BPBD Minut, Ir Jofieta Supit M.Si mengatakan, TRCD ini dipersiapkan khusus untuk penanggulangan kebakaran hutan (Karhutlak). “Tim yang beranggotakan 20 orang ini sebagian besarnya THL. Tim ini khusus menangani kejadian Karhutlak,” singkat Supit. (PCV)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.