Pangellu Ajak Masyarakat Minut Awasi Pilkada Serta Tangkal Isu SARA dan Hoax

0
20

TNews, Minut – Rapat Koordinasi (Rakor) Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Minahasa Utara (Minut), Kamis (20/2/2020) sampai Sabtu (22/2/2020) di Hotel Sutanraja Maumbi, bertujuan menggodok tingkat partisipasi para tokoh masyarakat dalam pelaksanaan Pengawasan Partisipatif pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur serta Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Minut.

Dari kiri ke kanan Koordinator Divisi (Kordiv) Sumber Daya Manusia (SDM) dan Informasi Bawaslu Minut Simon Awuy, Supriyadi Pangellu, serta Kordiv Pengawasan, Hubungan Masyarakat dan Hubungan Antar Lembaga (PHH) Rahman Ismail SH dan Kordiv Hukum, Penindakan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa (HP3S) Rocky Ambar (Foto : BM)

Komisioner Divisi Hukum, Humas dan Hubal Bawaslu Sulut Supriyadi Pangellu, dihadapan ratusan peserta Rakor, mengajak para tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh pemuda yang hadir dalam pertemuan tersebut, agar dapat membantu Bawaslu baik Sulut maupun Minut khususnya, dalam melakukan tugas pencegahan, pengawasan dan penindakan sebagai tupoksi Bawaslu.

“Personil Bawaslu terbatas, namun dengan bantuan bapak – ibu para tokoh masyarakat, tokoh agama maupun pemuda, langkah pengawasan yang awalnya tidak menjangkau setiap desa, justru dapat terjangkau. Bawaslu sangat membutuhkan bantuan masyarakat, ketika melakukan tugas-tugas yang bertujuan pelaksanaan Pilkada yang berkualitas dan kedepan menghasilkan pemimpin yang baik,” ujar Pangellu, Sabtu (22/02/2020) sebelum pentupan pelaksanaan Rakor tiga hari ini.

Selain membantu tugas Bawaslu di lapangan, masyarakat juga, kata Pangellu, dapat melaukan upaya-upaya menangkal isu-isu SARA, serta informasi maupun berita bohong yang tidak jelas asalnya alias hoax.  “Kita sangat tidak menginginkan perpecahan dimasyarakat karena momentum Pilkada yang diakibatkan beredarnya berita bohong, isu-isu perpecahan dan radikelaisme menjuru ke SARA. Ii yang harus kita tangkal bersama, sehingga hal-hal yang mengganggu kerukunan, persatuan dan kesatuan serta persaudaraan dapat kita tangkal. Peranan bapak, ibu dan saudara sekalianlah yang sangat penting, sebab sudara sekalian berada dan tahu benar karakteristik masyarakat, sehingga dapat secara dini meredam riak-riak yang perpotensi mengganggu penyelenggaraan Pilkada serta persatuan dan kesatuan bangsa,” harap Pangellu.

Selain Supriyadi Pangellu, hadir juga dalam kegiatan ini, tiga Komisioner Bawaslu Minut, yakni Koordinator Divisi (Kordiv) Sumber Daya Manusia (SDM) dan Informasi Simon Awuy, Kordiv Hukum, Penindakan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa (HP3S) Rocky Ambar serta Kordiv Pengawasan, Hubungan Masyarakat dan Hubungan Antar Lembaga (PHH) Rahman Ismail SH. (PCV)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.