OJK dan BRI Gelar Sosialisasi Literasi Keuangan di desa Minaesa Wori

0
65

TNews, Minut Sulawesi Utara – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Sulawesi Utara dan Bank Rakyat Indonesia (BRI), Senin (19/06/2023) melaksanakan kegiatan sosialisasi Pemberdayaan Masyarakat Desa terkait Literasi Keuangan di desa Minaesa Kecamatan Wori Minahasa Utara.

Menurut Hukum Tua Desa Minaesa Saprin Fanah, Masyarakat desanya yang berbasis nelayan sangat menerima ketika dilakukan pengenalan terkait apa dan bagaimana OJK sebagai lembaga yang mengawasi kegiatan transaksi keuangan.
“Kami berterima kasih atas kegiatan dari OJK dan Bank BRI. Tentunya kegiatan memiliki manfaat yang penting kepada kami sebagai Pemerintah Desa,’ kata Saprin.
Selanjutnya Saprin mengatakan, pada intinya di kecamatan Wori, berdasarkan sosialisasi terdapat ada dua desa yang menjadi prioritas utama yang disponsori oleh dua Bank yang salah satunya BRI, yakni Minaesa dengan potensi nelayan serta untuk desa budo di prioritaskan pariwisata.
Selanjutnya kegiatan sosialisasi ini melibatkan perangkat desa dan memberikan pemahaman tentang apa itu OJK dan apa saja yang di awasi oleh OJK.
“Untuk BRI sendiri akan memprioritaskan soal simpan pinjam bagi masyarakat umum dan pelajar anak sekolah. Bank BRI bahkan mengajak pemerintah desa Minaesa dan masyarakat untuk giat menabung untuk masa jangka panjang. Kegiatan selanjutnya akan dilaksanakan survey dengan 210 responden warga desa di jaga 1,2 dan 9,” tegas Hukum Tua.
Sementara itu, berdasarkan sumber disebutkan, Literasi Keuangan adalah pengetahuan, keterampilan, dan keyakinan, yang mempengaruhi sikap dan perilaku untuk meningkatkan kualitas pengambilan keputusan dan pengelolaan keuangan dalam rangka mencapai kesejahteraan. Dengan tujuan meningkatnya kualitas pengambilan keputusan keuangan individu; dan perubahan sikap dan perilaku individu dalam pengelolaan keuangan menjadi lebih baik, sehingga mampu menentukan dan memanfaatkan lembaga, produk
dan layanan jasa keuangan yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan Konsumen dan/atau masyarakat dalam rangka mencapai kesejahteraan. (penulis Meiyer)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.