Pansel Segera Umumkan Balon Sangadi 13 Desa di Bolmong

0
261

TNews, BOLMONG — Panitia seleksi (Pansel) Bakal Calon (Balon) Sangadi 13 Desa se-Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) segera mengumkan hasil seleksi.

Hal itu sebagaimana dikatakan Asisten I Bidang Pemerintahan Deker Rompas, yang juga sebagai ketua pansel Balon Sangadi, Rabu (05/12/2022).

“Hasil seleksi akan diumumkan paling lambat besok, Kamis 6 Januari 2022,” ungkap Deker.

Lanjutnya, penilaian yang diikuti 87 Balon Sangadi dilakukan secara objektif sesuai kemampuan dan kompetensi masing-masing.

“Calon yang tidak lolos dalam seleksi kali ini agar dapat menerima hasilnya dengan lapang dada. Pemkab Bolmong telah berupaya melakukan seleksi secara objektif dan terbuka,” ucap dia.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Abdussalam Bonde menjelaskan, sesuai jadwal tanggal 7 Januari 2022, akan masuk tahapan penetapan calon.

“Jadi kita tinggal menunggu hasil 5 besar dan akan dilanjutkan ke tahapan penetapan calon sangadi atau Kepala Desa,” tuturnya.

Sebelumnya, 87 orang Balon Sangadi dari 13 Desa, selama tiga hari berturut-turut adu skil dihadapan penguji untuk menjadi yang terbaik.

Hal ini pun berdasarkan Peraturan Bupati (Perbup) Nomor: 17 Tahun 2019 tentang pedoman teknis penyelenggaraan pemilihan Sangadi (Pilsang) pada pasal 41 ayat 5 yang akan mengikuti penyaringan untuk memperoleh 5 orang balon Sangadi yang berhak dipilih.

Para balon Sangadi itu pun telah melewati berbagai tes diantaranya, mulai dari tes tertulis, wawancara dan pidato.

Pemkab Bolmong sendiri akan menggelar Pemilihan Sangadi (Pilsang) serentak di 96 Desa dari 200 Desa, yang dijadwalkan awal Februari 2022 mendatang.

Imran Asiaw

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.