Pasien Kusta Diasingkan Dari Pemukiman Penduduk

0
235

DipasungTOTABUANEWS.COM, Bolmut – Karena lambannya penanganan dari instansi kesehatan di Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), akhirnya salah satu penderita kusta yang tercatat warga miskin di Desa Binjieta, Kecamatan Bolangitang Timur, diasingkan dari pemukiman penduduk.

Hal ini dibenarkan Sangadi (Kepala Desa) setempat, Abdul Nani Eba. Namun, menurut Sangadi kalau pengasingan itu melalui hasil kesepakatan keluarga penderita dan warga setempat. “Ini demi mengantisipasi penularan penyakit kusta,” terangnya.

Menurutnya, penanganan dari pihak kesehatan lamban, hingga penyakit kusta yang dialami warganya, Pudo Puasa, makin parah. Sehingga muncul ketakutan warga jangan sampai penyakit ini menular. “Kami berharap, Dinkes Bolmut, memperhatikan dan memberi solusi sebelum penyakit ini menyebar,” tegasnya.

Informasi dirangkum, karena tak mendapat perawatan intensif, Pudo Puasa, akhirnya telah mencoba pengobatan alternatif. Sayang, upaya Pudo Puasa, belum membuahkan hasil. Mirisnya lagi, pria yang tercatat warga miskin ini, sudah enam bulan secara rutin melakukan pengobatan di Puskesmas. Tapi penyakit yang dideritanya tak kunjung mengalami perubahan. Diduga kuat, obat-obatan yang diberikan oleh Puskesmas setempat, bukanlah obat paten, alias murahan. (ekng)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.