Passi Bersatu, Bilalang dan Lolayan Jadwal Terkhir Pelaksanaan Pra Musrenbang Tingkat Kecamatan

0
99
Kepala Bappeda Yarlis Hatam saat memimpin Pra Musrenbang di Kecamatan Passi Timur.

TNews, BOLMONG — Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) kembali melaksanakan Pra Musrenbang tingkat kecamatan, Jumat (29/01/2020).

Pra Musrenbang tersebut digelar di Empat Kecamatan, diantaranya Kecamatan Passi Barat, Passi Timur, Bilalang dan Lolayan, serta merupakan jadwal terakhir yang telah dilaksanakan di 11 Kecamatan sebelumnya.

Dikatakan Kepala Bappeda Yarlis Hatam, Pra Musrenbang dilakukan guna menyinkronkan semua usulan yang masuk sebelum pelaksanaan Musrenbang Kecamatan.

“Pra Musrenbang merupakan tahapan untuk penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) yang dimulai dari Musrenbang Desa,” kata Yarlis.

Sementara itu, Sekretaris Bappeda Aldy Pudul menjelaskan Pra Musrenbang tujuannya untuk mempersiapkan segala kebutuhan agar pelaksanaan Musrenbang Kecamatan nantinya dapat berjalan dengan lancar dari segi proses sampai dengan substansi.

“Ada beberapa mekanisme Pra Musrenbang. Salah satunya pencermatan dan penyempurnaan usulan hasil musrenbang Desa pada masing-masing kelompok,” ujarnya Aldy.

Yang menjadi perhatian dalam proses ini kata dia, adalah hasil entri usulan masing-masing desa berdasarkan jenis usulan Pagu Indikatir Sektoral (PIS), dan Pagu Indikatif Wilayah Kecamatan (PIWK) untuk perencanaan tahun 2022 melalui aplikasi.

“Untuk itu, usulan hasil kesepakatan pada musrenbang tingkat desa dikirim ke-kecamatan melalui aplikasi e-Musren, yang selanjutnya dilakukan pengecekan terkait syarat dan ketentuan agar sesuai dengan kamus usulan,” tuturnya.

Imran Asiaw

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.