Pastikan Ketersediaan Bahan Pokok Jelang Nataru, Satgas Pangan Sulut Gelar Sidak Pasar

0
219

Tnews, Manado – Satuan Tugas ( Satgas ) Pangan Sulawesi Utara menggelar sidak pasar guna memastikan ketersediaan bahan pokok jelang perayaan Natal dan tahun baru. Peninjauan dilakukan oleh tim Ditreskrimsus Polda Sulut, Disperindag Sulut, serta Perum Bulog Divre Sulawesi Utara Gorontalo. Sidak Pasar ini menyasar Pasar – pasar Tradisional, Gudang bahan pokok, serta Pasar retail modern. Senin 21 Desember 2020.

Kasubdit Indaksi Dit Reskrimsus Polda Sulut AKBP Yandri Makaminan SIK yang juga sebagai Ketua Satgas Pangan Sulut mengatakan, kegiatan ini dilakukan untuk mengetahui kondisi harga kebutuhan pokok memasuki Hari Natal 25 Desember 2020 dan juga Tahun Baru 1 Januari 2021. Dalam sidak di pasar Bersehati pihaknya menemukan harga bahan pokok naik dan juga ada yang mengalami penurunan. Seperti cabe sebelumnya dijual dengan harga Rp35.000-40.000 per kilo namun kali ini sudah mengalami kenaikan yang cukup tinggi yaitu RP56.000 per kilo.

Ia mengatakan, hal ini terjadi karena stok cabe sudah berkurang, sehingga terjadi kenaikan.

Sedangkan tomat dan bawang merah turun harga, karena stok di pasar sangat banyak sedangkan permintaan masih kurang. “Untuk tomat dijual dengan harga Rp25.000-30.000 per kilo, sedangkan bawang merah Rp20.000,” jelas Yandri.

Sedangkan harga kebutuhan pokok lainnya seperti telur ayam juga naik Rp2500 yang sebelumnya dijual dengan harga Rp1700-2000 per butir.

Sementara itu Maradona Signal Kabid OPP Perum Bulog Sulut mengatakan, “untuk stok beras dan gula di pasar hingga saat ini masih aman dan tersedia hingga 8 bulan ke depan. Begitu juga minyak goreng, dan terigu kami telah siap dan stok di Bolok masih aman. Kami siap bekerjasama dengan Polda untuk mempersiapkan stok kebutuhan pokok memasuki Hari Natal dan Tahun Baru 2021,” ungkapnya.

Tim Satgas Pangan Sulut mengimbau kepada para pedagang agar tetap menjaga kualitas dagangan, tidak melakukan tindakan yang merugikan masyarakat seperti menaikkan harga sembarangan dan tetap menjaga ketertiban, keamanan lingkungan dalam rangka jelang Natal dan Tahun Baru kali ini.

PLUR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.