Pemdes Suka Jaya Gelar Sosialisasi Mitigasi Bencana Terkait Perusakan Hutan

0
29

TNews.KABUPATEN KAUR- Pemerintahan Desa Suka Jaya Kecamatan Nasal Kabupaten Kaur, yang mayoritas wilayahnya dikelilingi oleh hutan yg berbatasan langsung dengan TNBBS, melaksanakan Sosialisasi Mitigasi Bencana terkait pencegahan kerusakan atau kebakaran hutan. Yang dilaksanakan di aula balai desa suka jaya, selasa (23/5/2023).

Sosialisasi Mitigasi Bencana terkait pencegahan kerusakan hutan di wilayah desa suka jaya, Menghadirkan Kapolsek Nasal AKP. Pedi Setiawan bersama anggota Bhabinkamtibmas AIPDA.Adi Herianto dan Babinsa Hariyono yang bertindak sebagai Narasumber langsung, Serta dihadiri oleh Kepala Desa suka jaya Muhlisin bersama perangkat, BPD, Pendamping Desa dan warga desa suka jaya.

Gambar: doc. Desa suka jaya

Muhlisin Kepala Desa Suka Jaya menuturkan tujuan sosialisasi mitigasi bencana tersebut untuk Mengurangi dampak yang ditimbulkan, khususnya bagi penduduk, Meningkatkan pengetahuan masyarakat dalam menghadapi serta mengurangi dampak/resiko bencana, sehingga masyarakat dapat hidup dan bekerja dengan aman.

“Sebagai bentuk kepedulian kita terhadap hutan yang ada di wilayah kita dan untuk menyadarkan masyarakat tentang pentingnya menjaga dan merawat hutan di sekitar untuk meminimalisir terjadinya bencana atau perusakan hutan oleh orang-orang tidak bertanggung jawab”, Tutur Muhlisin.

Beberapa kegiatan mitigasi bencana di antaranya, Pengenalan dan pemantauan risiko bencana, Perencanaan partisipatif penanggulangan bencana, Pengembangan budaya sadar bencana, Penerapan upaya fisik, nonfisik, dan pengaturan penanggulangan bencana, Identifikasi dan pengenalan terhadap sumber bahaya atau ancaman bencana. Jelas Muhlisin.

Mitigasi Bencana adalah serangkaian upaya untuk mengurangi risiko bencana, baik melalui pembangunan fisik maupun penyadaran dan peningkatan kemampuan menghadapi ancaman bencana (Pasal 1 ayat 6 PP No 21 Tahun 2008 Tentang Penyelenggaraan Penanggulangan Bencana). Termasuk penanggulangan bencana terhadap hutan disekitar masyarakat.

Reporter: Mr. Mish

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.