Pemkab Bolmong Jadikan Kemiri Sebagai Komoditas Unggulan

0
83

TNews, BOLMONG — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong) melalui Dinas Perkebunan akan berupaya menjadikan tanaman kemiri sebagai komoditas unggulan.

Tanah subur di Tanah Totabuan adalah rahasia umum yang  telah banyak diketahui masyarakat luas. Oleh karena itu, tanah yang subur itu pula, berbagai tanaman dapat tumbuh dan bersemi, beberapa diantaranya menjadi komoditas unggulan, seperti cengkeh, kopra, kopi, kakao, dan kemiri.

Yang terakhir disebut, bahkan digadang-gadang akan menjadi komoditas utama di Bolmong di masa mendatang.

“Yang menarik belakangan ini adalah tanaman kemiri,” kata Kepala Dinas Perkebunan Taufik Mokoginta, Kamis (27/08/2020).

Bahkan kata dia, permintaan kemiri belakangan ini cukup besar. “Sementara persediaan kita nampaknya belum mampu memenuhi kebutuhan pasar,” ungkapnya.

Dia menjelaskan, saat ini daerah penghasil kemiri baru ada di beberapa wilayah, yakni Bilalang, Tudu Aog, Lolayan, dan Inuai. “Kalau kita bisa tingkatkan luas areal jadi potensi kita bisa lebih besar,” ucap Mokoginta.

Yang utama kata dia, pihaknya akan melakukan sosialisasi ke masyarakat untuk terus menanam kemiri, karena pemeliharaannya tidak susah, tidak repot dan ketika sudah berbuah, dia tidak akan berhenti berbuah.

“Kita berharap kalau semua komoditi ini berada di atas harapan rata-rata, berarti kesejahteraan petani juga bisa di atas rata-rata,” tutupnya.

Imran Asiaw

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.