Pemkab Bolmong Raih Peringkat Dua Kegiatan NSIC Tahun 2021

0
3

TNews, BOLMONG — Dari 15 Kabupaten/Kota se-Sulawesi Utara (Sulut), Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) berhasil menyabet peringkat kedua pada kegiatan North Sulawesi Investment Challenge (NSIC) Tahun 2021.

Kegiatan yang diinisiasi, difasilitasi dan dilaksanakan oleh Bank Indonesia (BI) Perwakilan Provinsi Sulut tersebut, diadakan dalam rangka optimasi dan kapasitas pemerintah daerah dalam mengelola potensi investasi Sulut.

Kabupaten Bolaang Mongondow sendiri, diwakili oleh Sekretaris Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMP-TSP) Ni Wayan Miniastuti, serta Kepala Bidang Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Sucipto Mokoginta.

“Rangkaian kegiatan NSIC tersebut, diawali dengan Kick off Meeting pada tanggal 12 Maret 2021 lalu, kemudian dilanjutkan dengan Capacity Building North Sulawesi Investment Challenge 2021 yang telah dilaksanakan pada tanggal 22-25 Mei 2021,” kata Kabid Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Sucipto Mokoginta, saat mewakili Pemkab Bolmong dalam penerimaan hadiah, Rabu (06/10/2021).

Dalam kegiatan itu lanjut Tito, tiap Kabupaten/Kota diikuti oleh masing-masing dua orang peserta yang berasal dari Badan Perencanaan Pembangunan Daerah dan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu.

Selain itu, pelaksanaan Capacity Building, masing-masing daerah membuat Project Profiling yang kemudian dilanjutkan dengan menyusun studi pendahuluan proyek investasi, yang akan menggunakan skema Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU).

“Studi pendahuluan proyek investasi kemudian dipresentasikan dan dinilai oleh juri yang berasal dari Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional, PT. Penjaminan Infrastruktur Indonesia dan Pricewaterhouse Coopers (PwC) pada kegiatan Final Stage North Sulawesi Investment Challenge tanggal 5 Oktober 2021, Final Stage ini merupakan tahapan presentasi akhir studi pendahuluan yang dilakukan secara online,” ujarnya.

Sekadar diketahui, penyerahan hadiah diserahkan langsung oleh Gubernur Olly Dondokambey pada acara Investor Forum Provinsi Sulut, yang didampingi oleh Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Utara, Deputi Bidang Pengendalian Penanaman Modal Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal dan Sekretaris Daerah Provinsi Sulut.

Imran Asiaw

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.