Pemkab Bolmut Perluasan Kantor DPRD

0
446
Sisdar Paputungan
Sisdar Paputungan

TOTABUANEWS.COM, Boroko – Pemerintah kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) merencakan akan membeli lahan yang rencananya berlokasi masing-masing Keakar Boroko dan Desa Kuala di Kecamatan Kaidipang, serta lahan di Desa Tote Kecamatan Bolang Itang Barat.

Menurut Kapala Bagian (Kabag) Umum Pemda, Drs Sisdar Paputungan, tujuan dari pembelian lahan itu diperuntukan bagi perluasan pembangunan kantor DPRD. Sedangkan untuk Desa Kuala diperuntukan untuk pembangunan pasar sentral.

“Kalau di Kecamatan Bolang Itang Barat pembebasan lahan diperuntukan pada pembangunan Ombung desa. Ombung desa ini nantinya akan menyimpan pasokan air untuk mengairi kawasan pertanian di beberapa desa,” terang Sisdar.

Dimana kata Sisdar tahapan pembelian lahan ini telah melibatkan Tim Independen penaksir harga tanah bentukan Pemkab Bolmut yang melibatkan aparat Kepolisian, Kejaksaan, Pertanahan, Akademisi, serta dari unsur pers. “Sesuai aturan, pembebasan lahan oleh pemerintah untuk kepentingan umum tetap melibatkan tim independen. Agar tidak ada unsur kekayasa dibalik pembebasan lahan tersebut,” ujar ketua tim Toar Palilingan SH MH, usai peninjauan lahan yang akan dibebaskan.

Terkait masalah harga lanjut Palilingan, pihaknya melakukan pendekatan harga melalui Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) dan Akte Jual Beli (AJB) atau harga pasaran tanah di kawasan dimaksud, yang dibuktikan surat keterangan pemerintah setempat.

“Harga per meter yang kami rekomendasikan nantinya akan menjadi bahan pertimbangan panitia pengadaan tanah sesuai dengan kemampuan keuangan daerah,” jelas Palilingan. (gito/hsd)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.