Pemkab Harus Tertibkan Penambangan Illegal

0
240
ilustrasi
ilustrasi
ilustrasi

Totabuanews.com, Boltim – Penambangan emas di gunung Panang Kotabunan dengan menggunakan alat berat ala perusahaan kian menjadi-jadi. Tak pelak, warga pun meminta agar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boltim tak tinggal diam serta dapat menseriusi masalah ini, agar tidak menimbukan kerusakan alam.

“Kami meminta pemerintah segera menindak tegas oknum-oknum yang melakukan penambangan illegal tanpa didasari ijin dari dinas terkait,” sebut Heret, salah satu penambang.

Hal senada juga disampaikan warga lainnya jika ada oknum yang terbukti menambang secara illegal, maka pemerintah sebaiknya membawa dugaan itu ke ranah hukum agar memberikan efek jera. “Jika tidak dilakukan demikian maka penambangan illegal akan terus berlanjut. Harus ada tindakan tegas dan tidak boleh didiamkan,” ketus suumber lainnya.

Sementara itu, Sekertaris Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Boltim Wahid Maspeke, berjanji akan meninjau lokasi dan memberhentikan praktek pertambangan yang tidak disertai ijin itu. “Kami akan tunggu Kadis (Jamaluddin) kembali dari Jakarta.

Setelah itu, kita naik ke lokasi dan menghentikan semua aktivitas tersebut,” katanya. (emon)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.