Pengisian Wabup Bolsel Terbentur Anggaran

0
142

ilustrasi calonTotabuanews.com, Molibagu – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) menargetkan pengisian kursi wakil bupati akan selesai pada januari ini. Namun harapan warga Bolsel kepada DPRD untuk secepatanya dilaksanakan pada 2012 lalu, masih terhambat dikarenakan masih terbentur dengan anggaran.

Ketua Dekab Bolsel Abdul Razak Bunsal menjelaskan dalam pelaksanaan pengisian kursi wakil masih akan melewati beberapa tahapan termasuk kosultasi ke Mendagri yang pasti butuh dana. Selain konsultasi masih akan dilakukan bimbingan teknis bagi para anggota dewan terkait dengan tata tertib yang sudah pernah dikonsuktasikan sebelumnya.

“Kami optimis januari ini sudah akan selesai. Sebenarnya jika memang ada ketersediaan dana pada 2012 lalu tahapannya sudah rampung bahkan sudah dilakukan bimtek, namun masih terbentur dengan dana,” kata Bunsal.

Dia menambakan keterlambatan dewan dalam melakukan pemilihan Cawabup hanya terbentur dengan anggaran yang kurang tertata dalam APBD. Bila anggaranya sudah ada pasti secepatnya akan dilaksanakan,tergantung dengan anggaran APBD, akunya.

Selain itu Bunsal juga mengungkapkan bila memang ada keterlambatan dalam pengeluaran anggaran lewat APBD dipastikan Januari tetap akan dilaksanakan,”Kami saat ini sedang mencari pihak ketiga untuk mempercepat proses pemilihan Cawabup,”tuturnya.

Tak hanya itu juga pelaksanaan pemilihan Cawabup,sesuai dengan petunjuk dari pihak kementrerian harus melalui proses Bimtek untuk melakukan penyusunan Tata tertib (Tatib).

“Tinggal menunggu anggaran Pansus akan langsung melakukan Bimtek untuk pembuatan Tatip,” Katanya lagi, saat ini Pansus yang telah terbentuk belum memiliki SK Pansus sehingga pelaksanaan Bimtek harus dipercepat untuk memacu pelaksanaan pemilihan Cawabup.

Sementara Bupati Hi herson Mayulu Sip sendiri telah merekomendasi dua nama dan sudah dikirim ke gubernur. Dari dua nama itu yakni Iskandar Kamaru dan Syamsul Bahri Badu. (chandra/hsd)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.