Penyusunan RPJMdes, Desa Buyat Satu Terbaik se Sulut

0
541
Desa Buyat
Desa Buyat
Desa Buyat

Totabuanews.com, Tutuyan – Desa Buyat Satu kecamatan Kotabunan, Boltim mendapat penghargaan sebagai desa terbaik dalam penyusunan Rencana pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMdes) tingkat Provinsi Sulawesi Utara.

Hal ini dibenarkan Sangadi Desa Buyat Satu, Rohani Abas, kepada sejumlah wartawan pihaknya mengatakan telah menerima surat pemberitahuan dari pemerintah. “Iya kami sudah menerima pemberitahuan dari pemerintah provinsi bahwa desa kami terbaik dalam penyusunan RPJMdes,” ujar Abas tampak semringah.

Lanjut Abas mengatakan Kebenggaan atas hasil tersebut menurutnya bukalah mudah. Pasalnya, sebelum menjadi desa terbaik se Sulut. Pihaknya juga telah diseleksi ditingkat kabupaten dan bersaing deng 50 desa lainnya. “Kalau 3 bulan lalu kami menerima penghargaan dalam penyusunan RPJMdes se Boltim,” katanya.

Kini pihaknya mampu mengalahkan desa-desa terbaik utusan 14 kabupaten kota lainnya se Sulut. Dikatanya usai itu pihaknya kemungkinan besar akan di rekomendasikan untuk bersaing di tingkat nasional. ” Tinggal menunggu mungkin tahun depan kita akan mewakili Sulut di Tingkat nasional,” jelasnya.

Abas menambahkan dalam RPJMdes tersebut memuat rencana pembangunan desa 5 tahun kedepan secara terencana. Baik segi pembangunan sarana prasarana maupun pemberdayaan masyarakat. “Soal penggunaan Alokasi dana desa dan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) harus merujuk pada RPJMDes,” tutup Abas.

Sebelumnya, Desa Buyat satu juga terpilih menjadi desa percontohan program gerakan pembangunan (Gerbang) Kampung yang digelar oleh lintas kemeterian. Program ini diresmikan langsung Menteri Koordinator (Menko) Kesejateraaan Rakyat (Kesra), Angung Laksono. (Edmon/Konni)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.